Metode Learning By Doing Meningkatkan Kemampuan Dasar Microsoft Word Siswa Tunanetra Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3376Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar microsoft word pada siswa tunanetra kelas VIII SMPLB di SKh 01 Kota Serang, dengan menggunakan metode learning by doing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini salah satu siswa kelas VIII SMPLB dengan hambatan penglihatan. Perilaku sasaran dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar microsoft word. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kemampuan dasar microsoft word rata-rata atau mean level subjek penelitian pada fase baseline-1 (A1) sebesar 25% dikarenakan fase ini merupakan kondisi alamiah tanpa adanya pemberian intervensi atau perlakuan. Pada fase intervensi (B) rata-rata presentase mean level yang di dapat sebesar 86,8% dikarenakan pada fase ini subjek telah mendapkan intervensi atau perlakuan. Sedangkan pada fase baseline-2 (A2) rata-rata presentase mean level yang di dapat sebesar 70% dikarenakan pada fase ini hasil alamiah subjek setelah diberikanya perlakuan atau intervensi. Dari hasil yang di peroleh pada penelitian ini, maka kita bisa simpulkan bahwa penggunaan metode learning by doing untuk anak tunanetra dapat meningkatkan kemampuan dasar microsoft word pada siswa tunanetra kelas VIII SMPLB di SKh Negeri 01 Kota Serang, Banten.
Keywords:
learning by doing, microsoft word, single subject research, tunanetraDownloads
References
Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. Jurnal Pendidikan Islam, 1(15).
Enterprise, J. (2017). Otodidak Pemprogaman Database dengan Visual Basic. Jakarta: Media Komputindo.
Fathurrahman, F. (2014). Pembelajaran Agama Pada Sekolah Luar Biasa. El-Hikam, 7(1), 67-92.
Islamiati, A., & Iswari, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Keyboard Braille Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Di Microsoft Word Bagi Siswa Tunanetra Di SMK 7 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2), 25-29.
Churchill, G. A., & Iacobucci, D. (2006). Marketing research: methodological foundations (Vol. 199, No. 1). New York: Dryden Press.
Mahardiyanti, T., & Darmo, S. Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Matematika Siswa Tunanetra. Jiem| Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 3(2), 77-90.
Nerri, I. A. (2020). Perspektif Penggunaan Media Painting Stone Bagi Guru Dan Siswa Tunanetra Di Slb-A Ypab Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(2).
Riswati, L. (2016). Penerapan Metode Learning By Doing Dalam Menggunakan Email Pada Siswa Tunanetra di SLB Negeri A Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rohmat, G. (2017). Penyesuaian Diri Anak Tunanetra di SMP Ekakapti Karangmojo dan SLB Bakti Putra Ngawis. Widia Ortodidaktika, 6(3), 252-266.
Safitri, D. (2017). Penerapan Metode Learning By Doing Dalam Pembelajaran Melipat Pakaian Pada Peserta Didik MDVI Kelas IV SD di SLBN A Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137-144.
Syafarana, I. A. N., & Chairani, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid–19 di Sekolah Inklusif SDN 12 Gedong. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 125-129.
Tarsidi, D. (2011). Pengembangan Fungsi Organ-organ Penginderaan untuk Mengoptimalkan Keberfungsian Individu Tunanetra dalam Kehidupan Sehari-hari. JASSI ANAKKU, 11(1), 82-89.
Wiranata, R. R. S., Firman, A. J., Mulyanto, T., & Prastowo, A. I. (2020). Praktik Pembelajaran Di Madrasah Perspektif Pragmatisme (Studi Terhadap Pemikiran Ibn Khaldun Dan Jhon Dewey). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(2), 202-220.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bintang Hardiyanto, Toni Yudha Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work