Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter Islami Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2281Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang melibatkan peserta didik secara aktif. Penggunaan bahan ajar sangat diperlukan dalam keaktifan dan penanaman karakter dalam pembelajaran. LKPD berbasis karakter Islami merupakan kumpulan materi, soal-soal untuk berlatih dan memperdalam materi pembelajaran yang dilengkapi dengan hadits dan penanaman karakter Islami. Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengetahui pengembangan LKPD Berbasis Karakter Islami pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar, (2) Mengetahui kelayakan LKPD Berbasis Karakter Ialami pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Pekutan tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dengan menghitung persamaan yang telah ditentukan yang kemudian hasil diubah ke dalam bentuk skala empat. Hasil penelitian yang dilakukan : (1) Menghasilkan LKPD berbasis karakter islami dengan menggunakan model ADDIE; (2) Kelayakan produk diperoleh dari (a) Kevalidan dengan hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 3.88 dikategori sangat valid, ahli media sebesar 3.17 dikategori valid, dan guru kelas sebesar 3.86 dikategori sangat valid, dan hasil keseluruhan nilai sebesar 3.63 dengan kategori sangat valid. (b)Kepraktisan dari respon peserta didik diperoleh keseluruhan nilai 3.47 dikategorikan sangat praktis, dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 3.67 dikategorikan sangat praktis. (c)Keefektifan dilihat dari hasil pretest dengan rerata nilai 62 dan postest rerata nilai 85. Dengan presentase ketuntasan sebesar 85.8% dapat dikategorikan sangat efektif. Sehingga LKPD berbasis karakter islami pada tema 1 yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords:
lembar kerja peserta didik, karakter islami, ADDIEDownloads
References
Mu’tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 83. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7776
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (Hots) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Majamath, Volume 2 N, 87–88.
Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work