PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR

  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka
Keywords: pembinaan, karakter, pembelajaran terpadu

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan bertanggung jawab terhadap pembinaan karakter siswa, strategi untuk mencapainya dapat dilakukan melalui pembelajaran terpadu dapat diartikan sebagai pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Sehingga tujuan penelitian adalah mengkaji dan mendeskripsikan pembelajaran terintegrasi sebagai salah satu pendekatan untuk membina karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alasan untuk mendalami dan menganalisis pembelajaran terintegrasi  sedangkan untuk memfasilitasi perkembangan pemikiran para ahli dengan memakai metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan kajian dari beberapa ahli  kemudian dianalisis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis jurnal-jurnal nasional maupun internasional, buku, artikel dari peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan obyek penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran terpadu berperan penting dalam pembinaan karakter siswa di sekolah dasar.

References

Aminuddin. (1994). Pembelajaran Terpadu sebagai Bentuk Penerapan Kurikulum
1994 Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Makalah dalam Seminar JPBS IKIP Malang.
Althof W. and Berkowitz M.W .(2012). Moral Education And Character Education: Their Relationship And Roles In Citizenship Education. University of Missouri-St. Louis, USA
Ansori, Yoyo Zakaria .(2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, FKIP Universitas Majalengka
Berkowitz, M. W dan Hoppe, M.A. (2009). Character Education and Gifted Children. Journal of High Ability Studies, vol.20 no. 2, December 2009,hal131-142
Bloom, B.S., (1979). Taxonomy Of Educational Objectives Book 1: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD.
Bodgan, Robert C & Sari Knopp, B. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, inc.
Bulach, C. R. (2002). An Instrument that measures a School’s Culture Climate. A Presentation at the American Educational Research Association Conference, New Orleans, Louisiana.
Djahiri, A, K. (1992)). Menelusuri Dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral: Laboratorium Pengajaran PMP IKIP Bandung
El-Bassiouny, Noha .(2008). The Importance of Character Education for Tweens as Consumers. German University in Cairo: Egypt
Ghamrawi1 N.A.R.(2015). Perception of Character Education: The Case of Lebanese School Leaders. Faculty of Education, Lebanese University, Beirut, Lebanon
Hakam, K.A .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung
Hernawan, A. H. & Resmini, N. (2016). Pembelajaran Terpadu di SD.
PDGK4205/Modul 1.4, Edisi 1. Tangerang Selatan : UniversitasTerbuka.
Komalasari, Kokom .(2012). The Effect Of Contextual Learning In Civic
Education On Students' Character Development. Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27, 87–103, 2012
Lickona, T. (1991). Educating For Character. New York: Bantam Books.
Lickona, T. (2012). Character matters: persoalan karakter, bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya (Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Offset.
Murfiah, Uum (2017) Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No. 5, April 2017, hal. 57 – 69 ISSN: 2337-9227 57
Nurihsan, A.J .(2016). Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Bimbingan. Refika Aditama: Bandung
Lynn R and Arthur, J .(2012). Character education in schools and the education of teachers. Canterbury Christ Church University, UK
Ratna, Nyoman Kutha .(2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryadi, A. 2012. Outlook 2025 Pembangunan Pendidikan Indonesia: Menuju Kualitas Yang Berdaya Saing Secara Global (The Indonesian Education Outlook 2025: Toward A Sustainable World Class Quality Level). Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sa‟ud. dkk. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung : Universitas Pendidikan
Indonesia Press.
Suanah .(2018). Penggunaan Model Pembelajaran Terpadu Connected untuk Meningkatkan Pemahaman tentang FPB dan KPK dalam Pelajaran. Matematika Indonesian Journal of Primary Education Vol. 2, No. 2 82-90 ISSN: 2597-4866
Sriyati. S. (2008). Integrated Approach. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung
Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung
Suryadi, Ace .(2015) Pendidikan Menghadapi tahun 2025, Rosadakarya: Bandung
Wuryandani, Wury . (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan No. 2
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
Zubaedi .(2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia
Published
2020-06-13
How to Cite
Ansori, Y. Z. (2020). PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177-186. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308
Section
Articles