Hubungan Program Adiwiyata Dengan Nilai Karakter Peduli Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2228Abstract
Banyak kerusakan lingkungan yang terjadi sebagian besar akibat ulah manusia. Kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan disebabkan oleh pola pikir manusia yang menganggap perilaku buruk adalah hal yang wajar. Program adiwiyata merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program adiwiyata dengan nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kliwonan Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV, dan V SD Negeri Kliwonan tahun pelajaran 2021/2022 yang dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket) Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa tentang program adiwiyata dan angket perilaku nilai karakter peduli lingkungan. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program adiwiyata dengan nilai karakter peduli lingkungan. Maka dapat disimpulkan bahwa progran adiwiyata memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai karakter siswa kelas III, IV, dan V di SD Negeri Kliwonan Kabupaten Purworejo.
Keywords:
Program Adiwiyata, Nilai Karakter Peduli LingkunganDownloads
References
Andina, E. (2019). Analisis Perilaku Pemilahan Sampah di Kota Surabaya. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 119-138.
Demar, A. I., Kolibu, F. K., & Engkeng, S. (2020). Hubungan Implementasi Program Adiwiyata Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Peserta Didik di SMP Lentera Harapan Tomohon Tahun 2020. Jurnal Kesmas, 9(6), Hal. 68-74. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/30932. Diunduh 02 Oktober 2021
Handayani, T., Wuryadi, W., & Zamroni, Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 95-105.
Handayani, T., & Yudha, C. B. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Berbasis Ekopedagogik. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), Hal. 36-42. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25735. Diunduh 27 Oktober 2021
Harjianto, H., Febyanti, R. F., & Efendi, Y. K. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adi Wiyata di SMK Negeri Kalibaru Sebagai Upaya dalam Mendukung Gerakan Banyuwangi Merdeka Dari Plastik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 969-974.
MenLHK. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/Menlhk/Setjen/Kum.1/9/2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata. Hal. 1-34. http://jdih.menlhk.co.id/uploads/files/P_53_2019_adiwiyata_menlhk_11132019083053.pdf. Diunduh 13 Oktober 2021
Muhtadi, A.; Zaimah: Yusuf, A. ;Wahid. (2011). Tingkatkan Taqwa Melalui Kepedulian Lingkungan (Peduli Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. bandung: Alfabeta.
Sumartiningtyas, H. K. N. (2020). Indonesia Hasilkan 64 Juta Ton Sampah, Bisakah Kapasitas Pengelolaan Tercapai Tahun 2025? https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/18/070200023/indonesia-hasilkan-64-juta-ton-sampah-bisakah-kapasitas-pengelolaan?page=all. Diunduh pada 19 November 2021
Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Hal. 1-44. http://jdih.menlhk.co.id/uploads/files/P_53_2019_ADIWIYATA_menlhk_11132019083053.pdf. Diunduh 05 Oktober 2021
Toharoh, L., Khaq, M., & Suyoto. (2021). Analisis Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SDN Brenggong. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), Hal. 2774-2156. https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/32. Diunduh 29 Oktober 2021
Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi: Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88.
Yusuf, R., Sanusi, S., Maimun, M., Fajri, I., & Putra, I. (2020). Hubungan Antara Kewarganegaraan Lingkungan Terhadap Perilaku Lingkungan Siswa Di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8215. Diunduh pada 26 Oktober 2021
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Mulyani, Suyoto, Titi Anjarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work