Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi Penting dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Istiqomah Nurnaningsih SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1559

Keywords:

metode mind mapping, kemampuan menyimpulkan informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan menyimpulkan informasi penting dengan metode mind mapping pada siswa kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil rata-rata pada setiap pertemuan dalam satu siklus meningkat yaitu pada siklus satu dari 13% menjadi 40% dengan rata-rata nilai peserta didik yakni 64. Dan siklus II dari 40 % meningkat menjadi 86% dengan rata-rata nilai 84. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM ada 27 siswa dan yang belum KKM ada 4 siswa. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi penting pada siswa kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-09

How to Cite

Nurnaningsih, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi Penting dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1677–1682. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1559