Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi Penting dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1559Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan menyimpulkan informasi penting dengan metode mind mapping pada siswa kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil rata-rata pada setiap pertemuan dalam satu siklus meningkat yaitu pada siklus satu dari 13% menjadi 40% dengan rata-rata nilai peserta didik yakni 64. Dan siklus II dari 40 % meningkat menjadi 86% dengan rata-rata nilai 84. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM ada 27 siswa dan yang belum KKM ada 4 siswa. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi penting pada siswa kelas VI SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode mind mapping, kemampuan menyimpulkan informasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work