Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan laporan tentang Konsep Pertumbuhan & Perkembangan Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1540Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan laporan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui metode kooperatif jigsaw pada siswa kelas III SDN 1 Pasar Banggi Rembang. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Pasar Banggi Rembang yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dan guru. Hasil pengamatan terhadap situasi pembelajaran kemampuan menyajikan laporan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup secara berkelompok ini dapat dilihat dari (1) tingkat perhatian siswa pada siklus I sebanyak 60%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 66,6%; (2) tingkat keaktifan bertanya yang pada siklus I diperoleh hasil 39%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 60%; (3) keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat pada siklus I adalah 51%, sedangkan pada siklus dua naik menjadi 73,3%; (4) tingkat kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran secara kelompok diperoleh hasil pada siklus I adalah 73%, sedangkan pada siklus ke II menjadi 86,6%.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menyajikan laporan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 1 Pasar Banggi Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode jigsaw, kemampuan, menyajikan laporan, pertumbuhan dan perkembanganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work