Peningkatan Kemampuan Mencermati Keterhubungan antargagasan dalam Teks Melalui Metode CTL
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1537Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks melalui metode CTL pada siswa kelas VI SDN 6 Gondangmanis Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan dan seorang guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus siswa adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. Dilihat dari tercapaian KKM (63) bahwa pada prasiklus ada 6 (18,75%), pada siklus I menjadi 23 (71,88%), dan pada siklus II menjadi 30 (93,75%). Peningkatan yang dicapai oleh siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam belajar mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks dengan metode Contextual Teaching and Learning sebesar 15,07 point. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. Simpulan penelitian ini bahwa metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
kemampuan, mencermati, teks, metode ctlDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work