Peningkatan Kemampuan Mencermati Keterhubungan antargagasan dalam Teks Melalui Metode CTL

Authors

  • Ali Murtadho SD 2 Ngemplak Undaan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks melalui metode CTL pada siswa kelas VI SDN 6 Gondangmanis Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan dan seorang guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus siswa adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. Dilihat dari tercapaian KKM (63) bahwa pada prasiklus ada 6 (18,75%), pada siklus I menjadi 23 (71,88%), dan pada siklus II menjadi 30 (93,75%). Peningkatan yang dicapai oleh siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam belajar mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks dengan metode Contextual Teaching and Learning sebesar 15,07 point. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. Simpulan penelitian ini bahwa metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan mencermati keterhubungan antargagasan dalam teks siswa kelas IV SDN Ngemplak Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

kemampuan, mencermati, teks, metode ctl

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 293
Downloads Count: 131

Published

2021-10-07

How to Cite

Murtadho, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Mencermati Keterhubungan antargagasan dalam Teks Melalui Metode CTL . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1525–1531. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1537

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.