Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1519Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang. Objek penelitian ini berupa proses pembelajaran menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari ratarata kelas yang mengalami peningkatan sedikit demi sedikit dari tes awal yaitu 46,4 kemudian mengalami peningkatan menjadi 55,4 pada siklus I, selanjutnya meningkat lagi menjadi 65,8 pada siklus II, dan 76,00 pada siklus III. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
Metode, Inkuiri, Pokok Pikiran, TeksDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work