Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks pada Siswa Kelas V

Authors

  • Triwati SDN Watupecah Kragan Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1519

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang. Objek penelitian ini berupa proses pembelajaran menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari ratarata kelas yang mengalami peningkatan sedikit demi sedikit dari tes awal yaitu 46,4 kemudian mengalami peningkatan menjadi 55,4 pada siklus I, selanjutnya meningkat lagi menjadi 65,8 pada siklus II, dan 76,00 pada siklus III. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN Watupecah Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

Metode, Inkuiri, Pokok Pikiran, Teks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 474
Downloads Count: 375

Published

2021-10-07

How to Cite

Triwati, T. (2021). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1447–1454. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1519

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.