Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1504Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cikawung Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia. Permasalahan tersebut terjadi disebabkan oleh kurang seriusnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta kurang maksimalnya guru dalam menerapkan penggunaan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media Pop Up Book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) yang pengambilan datanya dilakukan secara daring (online). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Cikawung yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Pop Up Book motivasi belajar siswa meunjukan peningkatan dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajarnya menunjukan peningkatan dengan signifikan. Dengan demikian, penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia pada siswa kelas V SDN Cikawung Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang.
Keywords:
Media Pop Up Book, Motivasi belajar, Hasil BelajarDownloads
References
Djuanda. (2011). Design Pop-Up Child Book Puppest Figures Series? Gatotkaca? Jurnal Library ITS Undergraduate: [online]. http://library.its.undergraduate.ac.id.[Diakses pada: 13 Juli 2020].
Ekawana. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada
Hanifah, Alia Izzati. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Media Pop Up Book pada Siswa Kelas V SDN 1 Jambukulon Tahun Pelajaran 2017/2018. [Online] Tersedia: https://eprints.ac.id/pdf [Diakses pada: 19 Mei 2020].
Safitri. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SD. Jurnal PGSD.
Sumini. (2010). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Jurnal Historia Vitae. 24 (1). [Online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal%2520Historia%2520Vitae/vol24no1april2010/PENELITIAN%2520TINDAKAN%2520KELAS%2520Th%2520sumini.pdf&ved=2ahUKEwiG3qrTtJLpAhUf8HMBHaNGBuUQFjAgegQICBAB&usg=AOvVaw1wQKpGbJebOLI27t81YLme [Diakses pada: 28 Juli 2020].
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakart: Premamedia Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work