Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi

  • Yena Sumayana STKIP Sebelas April
  • Sutarman STKIP Sebelas April Sumedang
  • Dewi Ratna Ningsih STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Media Boneka Tangan, Pembelajaran IPS, Sekolah dasar

Abstract

Hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS di antaranya media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus mampu membuat siswa lebih aktif. Dalam upaya meningkatkan aktivitas dan kualitas hasil belajar siswa perlu adanya alternatif perbaikan, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menggunakan media boneka tangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Boneka Tangan terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS materi Keragaman Ekonomi pada siswa kelas IV SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi dan angket. Adapun populasinya berjumlah 26 orang dan kesemuanya menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Proses pembelajaran IPS materi Keragaman Ekonomi dengan menggunakan media boneka tangan di kelas IV SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang siswa nampak antusias dan aktif dengan mendapatkan hasil rata-rata seluruh sampel yaitu 4,75 yang berkategori positif.  (2) Adanya pengaruh yang signifikan setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan media Boneka Tangan pada pembelajaran IPS materi Keberagaman Ekonomi terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang dengan meningkatnya perolehan nilai posttest dibandingkan dengan nilai preetest, yakni nilai rata-rata preetest siswa yaitu 66.55, sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 85 dengan presentase 92% dan tergolong kategori baik.

References

Anggani, Sudono, (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sardjiyo, dkk. (2014). Materi pokok pembelajaran IPS di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sardiman, dkk. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2021-04-03
How to Cite
Sumayana, Y., Sutarman, S., & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 260-264. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.917
Section
Articles