Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Cerita yang Menggambarkan Cerita Hidup Rukun Melalui Inkuiri
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1472Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks cerita yang menggambarkan cerita hidup rukun melalui inkuiri pada siswa kelas II SDN 1 Bogorejo Japah Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas II SDN 1 Bogorejo Japah Blora. Objek penelitian ini proses pembelajaran kemampuan membaca teks cerita yang menggambarkan cerita hidup rukun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penlitian menunjukkan dengan peningkatan kemampuan membaca teks cerita yang menggambarkan cerita hidup rukun pada siklus I yang hanya memperoleh nilai rata-rata 1,85 mengalami peningkatan sebesar 1,48 atau 37,4% menjadi 3,28 pada siklus II. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada sikap religius dan sikap sosial peserta didik. Sikap religius peserta didik pada siklus I ke siklus II meningkat 13,64% dari rata-rata 3,36 menjadi 3,90. Sedangkan sikap sosial peserta didik, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,02 dengan kategori baik dan meningkat 14,2% menjadi rata-rata 3,59 atau kategori sangat baik. Simpulan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan membaca teks cerita yang menggambarkan cerita hidup rukun pada siswa kelas II SDN 1 Bogorejo Japah Blora Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
membaca, metode, inkuiri, teks ceritaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work