Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi Berdasarkan Teks Hasil Pengamatan Melalui Metode Inkuiri

Authors

  • Siti Zulaikah SDN Banyudono Kaliori Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1470

Keywords:

kemampuan, informasi, teks, metode, inkuiri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi berdasarkan teks hasil pengamatan melalui metode inkuiri pada siswa kelas SDN Banyudono Kaliori Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas VI SDN Banyudono Kaliori Rembang. Objek penelitian ini berupa proses pembelajaran menyimpulkan informasi berdasarkan teks hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan membandingkannya KKM nilai atau skor 80. Hal ini tercermin pada siklus I, bahwa nilai atau skor 80 atau lebih hanya 54,55 %, kegiatan kedua meningkat menjadi 54,55 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dari kedua kegiatan di siklus I sebesar 54,55 %. Pada siklus II aktivitas pertama yang mencapai KKM adalah 72%, sedangkan aktivitas kedua yang mencapai KKM adalah 90%. Untuk keaktifan, siklus I pembelajaran pertama 57 %, pembelajaran kedua 84 %, siklus I pembelajaran II 90 %, dan keaktifan siswa II 100 %. Dengan kata lain hasil akhirnya, 90% dari 33 siswa dapat membuat kesimpulan dan 100% siswa aktif. Berdasarkan hasil penelitiian disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi berdasarkan teks hasil pengamatan melalui metode inkuiri pada siswa kelas VI SDN Banyudono Kaliori Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Zulaikah, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi Berdasarkan Teks Hasil Pengamatan Melalui Metode Inkuiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1421–1426. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1470