Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks

Authors

  • Santi Wahyuningsih SDN 1 Ukir Sale Kabupaten Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1467

Keywords:

Metode, CIRC, pokok pikiran, teks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN Ukir Sale Kabupaten Rembang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 51,74% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 72,41%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 83,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ukir Sale Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Wahyuningsih, S. (2021). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1378–1383. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1467