Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks

Authors

  • Okvita Hikmatul Fiknuria SDN Pacing Sedan Kabupaten Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1466

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 40 % dan setelah dilakukan tindakan sebesar 72%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode, inkuiri, pokok pikiran, teks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 395
Downloads Count: 383

Published

2021-10-07

How to Cite

Fiknuria, O. H. (2021). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1362–1367. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1466

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.