Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1466Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 40 % dan setelah dilakukan tindakan sebesar 72%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode, inkuiri, pokok pikiran, teksDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work