Analisis Gaya Bahasa dan Pola Sintaksis Pada Slogan Iklan Makanan di Televisi

Authors

  • Maulana Hasan Sadzili Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Januar Ibnu Adham Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1456

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa pada slogan iklan makanan di televisi, mendeskripsikan pola sintaksis yang digunakan pada slogan iklan makanan di televisi, dan merekomendasikan hasil analisis terhadap bahan ajar materi teks iklan, slogan, dan poster di SMP kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik simak dan teknik lanjutan catat. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya bahasa yang paling banyak digunakan pada slogan iklan makanan di televisi (RCTI, GTV, dan MNCTV) per edisi Juli 2020 adalah gaya bahasa asonansi. Kemudian, pola sintaksis yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan pola sintaksis kalimat tunggal atau sederhana, pola tersebut berkontruksi subjek (S) + predikat (P). Rekomendasi analisis berupa bahan ajar. Manfaat menganalisis gaya bahasa pada iklan tersebut secara nialai ekonomis dapat mengetahui kevariasian bahasa dan dapat menarik minat beli konsumen.

Keywords:

Gaya bahasa, deskriptif kualitatif, Slogan Iklan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 2356
Downloads Count: 3051

Published

2021-09-16

How to Cite

Sadzili, M. H., Adham, M. J. I. ., & Triyadi, S. . (2021). Analisis Gaya Bahasa dan Pola Sintaksis Pada Slogan Iklan Makanan di Televisi . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1289–1297. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1456

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.