PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPETARIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Sarjima SMPN 2 Jamblang
Keywords: hasil belajar, bahasa indonesia, Model Skrip Kooperatif

Abstract

Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi dalam bentuk resensi dan karangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang “Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan” dengan Model Skrip Kooperatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan subyek penelitian adalah  siswa kelas IXD SMPN 2  Jamblang Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah menerapkan model skrip kooperatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Skrip Kooperatif dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan.

References

Adi, F. M., Phang, F. A., & Yusof, K. M. (2012). Student Perceptions Change in a Chemical Engineering Class using Cooperative Problem Based Learning (CPBL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 627–635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.697

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aryati, T. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Jawaban Di Kelas Xi Ips 5 Sman 10 Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(2), 172–177. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Buchs, C., Gilles, I., Dutrévis, M., & Butera, F. (2011). Pressure to cooperate: Is positive reward interdependence really needed in cooperative learning? British Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1348/000709910X504799

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice. https://doi.org/10.1080/00405849909543834

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.

Kusumawati, I. T., & Sukidi, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X …. JPGSD, 2(2), 1–12. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21704

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091

Laal, M., Khattami-Kermanshahi, Z., & Laal, M. (2014). Teaching and Education; Collaborative Style. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.890

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349

Oxford, R. L. (1997). Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Interaction: Three Communicative Strands in the Language Classroom. The Modern Language Journal. https://doi.org/10.2307/328888

Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.226

Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar proses mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zain, S. B. D. dan A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Published
2020-06-03
How to Cite
Sarjima. (2020). PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPETARIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 112-118. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.283