Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Critical Thinking Skill Tema Panas dan Perpindahanya Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1410Abstract
Pada implementasi K-13 revisi tahun 2017 terdapat empat aspek yang harus dimunculkan dalam pelaksanaan pembelajaran yakni penguatan pendidikan karakter, literasi, 4C. Critical thinking skill penting untuk diimplementasikan pada peserta didik dimulai semenjak peserta didik berada ditingkatan sekolah dasar, hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik yang meliputi berpikir kritis, inovatif, solutif, serta aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif berbasis critical thinking skill, dan 2) mengetahui tingkat kelayakan sebuah produk berupa multimedia interaktif berbasis critical thinking skill. Multimedia interaktif dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implemtation, dan Evaluation. Hasil Penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis critical thinking skill: 1) produk yang dikembangkan menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis critical thinking skill yang dapat digunakan sebagai referensi sumber dan media untuk belajar. 2) hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan diperoleh persentase 89,1% dengan kriteria sangat valid, kemudian respon peserta didik diperoleh persentase 93,6% dengan kriteria sangat positif, dan ketuntasan tes evaluasi pada peserta didik yang mencapai 90% sehingga penggunaan multimedia interaktif dinilai efektif.
Keywords:
Critical Thinking Skill, Multimedia Interaktif, PengembanganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work