Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eka Marliana Saputri Universitas Mugammadiyah Purworejo
  • Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pengestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1445

Keywords:

Belajar, Hambatan, Orang tua

Abstract

Jumlah responden yang digunakan peneliti adalah 22 siswa, 22 orang tua, dan guru wali kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, dalam belajar pastinya siswa mengalami faktor-faktor yang dapat mengahambat siswa dalam belajar. Berikut beberapa faktor yang diperoleh peneliti antara lain: faktor Pandemi Covid-19, suasana hati atau mood anak, faktor orang tua, intelegensi atau kecerdasan, dan sarana prasarana yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu, orang tua perlu memberikan peranan yang baik kepada siswa, supaya siswa dapat mengatasi kesulitan belajar. Pada penelitian ini, orang tua kelas V SDN Kledungkradenan sudah memberikan perhatian yang baik kepada anak. Hal ini nampak dari hasil presentase angket yang menunjukkan 77% orang tua kelas V memberikan perhatian kepada anak. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar PTS matematika terdiri dari 81,82% siswa memperoleh nilai baik, dan 18,18% memperoleh nilai cukup. Berdasarkan hasil tersebut, maka perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kledungkradenan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Saputri, E. M., Supriyono, S., & Pengestika, R. R. . (2021). Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1885–1894. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1445