Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Authors

  • Hepita Meidianasari SDN Selosari 2 Kandat Kabupaten Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode kooperatif STAD pada siswa kelas V SDN Selosari 2 Duwet Wates Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Selosari 2 Duwet Wates Kediri yang berjumlah 23 siswa dengan rincian 8 sisswa laki-laki dan 15 siswa  perempuan. Objek penelitian ini proses pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan metode kooperatif STAD pada siswa kelas V SDN Selosari 2 Duwet Wates Kediri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil kemampuan menulis teks ekplanasi siswa kelas V SDN Selosari 2 Duwet Wates Kediri pada siklus I sebanyak (52%) tuntas belajar dan (48%) siswa belum tuntas belajar. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh hasil belajar sebanyak (95%) tuntas belajar dan (5%) belum tuntas belajar.

Keywords:

menulis, teks eksplanasi, metode, kooperatif STAD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 967
Downloads Count: 828

Published

2021-08-08

How to Cite

Meidianasari, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1061–1067. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.