Peningkatan Pemahaman Pukulan Lob Bulutangkis Melalui Pembelajaran Terpimpin Pada Siswa Kelas V SDN Teluk Pucung I Bekasi

  • Awiria Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Eko Prabowo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Asrori Yudha Prawira Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Terpimpin, pemahaman pukulan lob bulutangkis, olahraga, kelas 5 Sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran terpimpin dalam meningkatkan pemahaman pukulan lob siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Teluk Pucung 01 Bekasi, dengan subyek penelitian siswa kelas 5 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dari Mc. Taggart yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui soal, pengamatan, serta lembar observasi pelaksanaan metode berbasis proyek dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, dan hasil dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang pukulan lob dengan menggunakan metode pembelajaran terpimpin. Hal ini dibuktikan dengan hasil soal awal pemahaman pukulan lob siswa 25%, siklus I 50%, sedangkan pada siklus II penilaian pemahaman pukulan lob mencapai 100%, dan aktivitas guru pada siklus I 75% dan siswa 77.7%, pada siklus II presentasi hasil guru dan siswa 100% (mastery learning). Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpimpin dapat meningkatkan pemahaman pukulan lob siswa terlihat dari adanya peningkatan nilai dari setiap siklusnya, oleh karena itu guru perlu berinovasi dalam mengembangkan proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna.

References

Adler, E. S. (2015). An Invitation To Social Research. USA: Cengage Learning.

Herman Subarjah, Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bulutangkis, (Jakarta: Bagian Proyek Pembinaan Kelas Olahraga, 2001)

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Mangun, F. A., Budiningsih, M., & Sugianto, A. (2017). Model Latihan Smash Pada Cabang Olahraga Bulutangkis Untuk Atlet Ganda. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 78–89. https://doi.org/10.21009/gjik.082.01

Nurhayati, T. (2018). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461

S, A. (2019). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan Pergelangan Tangan Danekstensor Otot Punggung Dengan Kemampuan Smash Backhand Dalam Permainan Bulutangkis Pada Atlet Cemerlang Kota Palu. Jurnal E-JTPEHR, 1(3), 1–13.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.

Tohar, Olahraga Pilihan bulutangkis, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tonggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1992

Townsend, A. (2013). Action Research The Challenges of Understanding and Changing. NewYork: Open University Press.

Ulil, A., Pratomo, D., & Subiyono, H. S. (2013). Perbedaan Hasil Latihan Umpan Balik Lob Langsung Dan Lob Tak Langsung Terhadap Ketepatan Lob Dalam Olahraga Bulutangkis Di Pb Tugu Muda Kota Semarang. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(1), 1–5.
Published
2021-03-03
How to Cite
Awiria, A., Prabowo, E., & Yudha Prawira, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Pukulan Lob Bulutangkis Melalui Pembelajaran Terpimpin Pada Siswa Kelas V SDN Teluk Pucung I Bekasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 83-90. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.831
Section
Articles