Peranan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Dalam Pembinaan Akhlaq
Abstract
Degradasi moral di kalangan remaja telah menjadi isu kritis yang memerlukan intervensi pendidikan karakter yang efektif. Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) berperan sebagai lembaga pendidikan Islam non-formal yang berpotensi dalam pembinaan akhlak. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan di DTA Al-Magfiroh Centre, Karawang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur dengan guru dan orang tua, serta analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan induktif. MDTA memainkan peran strategis dalam pembinaan akhlak melalui integrasi nilai-nilai Islam yang komprehensif. Lima metode utama teridentifikasi: pembiasaan (shalat rutin, pembacaan Al-Qur'an, sopan santun), keteladanan dari guru, sistem ganjaran dan hukuman, metode diskusi dan tanya jawab, serta kegiatan keagamaan rutin. Hampir seluruh santri menunjukkan akhlaqul karimah yang baik dalam interaksi dengan Allah, guru, dan sesama. Orang tua melaporkan perubahan perilaku positif termasuk peningkatan kedisiplinan beribadah, perbaikan etika berbicara, dan peningkatan sikap hormat. Efektivitas metode pembiasaan dan keteladanan mendukung teori pendidikan Islam yang menekankan pembinaan akhlak sejak dini melalui praktik konsisten dan perilaku teladan. Namun, tantangan era digital, khususnya pengaruh media sosial, memerlukan kolaborasi yang lebih erat antara madrasah dan keluarga untuk mempertahankan konsistensi dan efektivitas pembentukan karakter.
Keywords:
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah, pembinaan akhlak, pembentukan karakter, pendidikan Islam, pengembangan remajaDownloads
References
Al-Qur’an dan terjemahannya. (2022). Al-Qur’an dan terjemahannya. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Ahmad bin Hanbal. (1990). Musnad Ahmad bin Hanbal. Dar al-Hadis.
Ahmad, M. Y., & tim penulis. (2017, Juni). Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al Thariqah, 2, 89–110.
Asmaran, A. (1994). Pengantar studi akhlak. PT Grafindo Persada.
Djamal, M. P. (2018). Penelitian kualitatif. Pustaka Pelajar.
Ibrahim. (2015, Mei). Metodologi penelitian kualitatif: Panduan penelitian beserta contoh proposal kualitatif. Alfabeta.
Kartono, K. (2010). Pemimpin dan kepemimpinan. PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, L. J. (2004). Metode penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhyidin, M. A. (2004). Mendidik anak sholeh sholehah. Dive Press.
Ramayulis. (2002). Ilmu pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Ruswandi. (2013). Psikologi pembelajaran (Cet. 1). Cipta Persona Sejahtera.
Suryabrata, S. (2010). Metode penelitian. Rajawali Pers.
Amin, S. (2005). Pengantar psikologi pendidikan (Cet. 2). Yayasan Pena Banda Aceh.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Fudholi, Herdian Kertayasa, Haerudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work