TANTANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN WAWANCARA

  • Wuri Syaputri Universitas Indonesia
  • Lina Septianasari STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Fourus Huznatul Abqoriyyah Universitas Al-Ghifari
Keywords: Tantangan, Berbicara, Wawancara

Abstract

Penelitian ini menjawab permasalahan tentang kefektifan metode pemelajaran wawancara di kelas berbicara mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga melihat tantangan dosen dalam pemelajaran berbicara. Praktik bahasa dalam kelas diamati dan diberi eksperimen adalah kelas Speaking pada level beginner di Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian berjumlah 72 mahasiswa. Seluruh mahasiswa akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penghitungan statistik t-test menunjukkan, dimana t-test 4,66 lebih tinggi dari t-table adalah 2,06 itu berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan catatan hasil pengamatan, metode wawancara juga belum berhasil sempurna untuk mengajak mahasiswa menjadi aktif di kelas. Hal ini menjadi perhatian karena masih muncul 5 mahasiswa yang memilih diam ketika diajak berbicara oleh dosen.

References

Anas, Muhammad, and M. PdI. (2014). Mengenal Metodologi Pemelajaran. Muhammad Anas.

Bosworth, Kris, and Sharon J. Hamilton. (1994). Collaborative Learning: Underlying Processes and Effective Techniques: New Directions for Teaching and Learning, Number 59. Vol. 73. Jossey-Bass.

Darmuki, Agus, Andayani Andayani, Joko Nurkamto, and Kundharu Saddhono. (2015). “Model Student Learning To Speak For Education Study Language And Literature Indonesia: Document Analysis And Needs Learning To Speak.” Prosiding Prasasti 99–109.

Keraf, Gorys. (1977). “Komposisi: Sebuah Pengantar Kepada Kemahiran Bahasa.” Ende-Flores: Nusa Indah.

Ningsih, Suwarti. (2014). “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali.” Jurnal Kreatif Online 2(4).

Nurdin. (2016). “Penerapan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Cooperativ Learning Tipe Artikulasi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Mataram.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 2(2):35–52.

Rondiyah, Arifa Ainun, Nugraheni Eko Wardani, and Kundharu Saddhono. (2017). “Pemelajaran Sastra Melalui Bahasa Dan Budaya Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan Di Era Mea (Masayarakat Ekonomi Asean).” in Proceedings Education and Language International Conference. Vol. 1.

Saddhono, Kundharu. (2012). “Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pemelajaran Bahsa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) Di Universitas Sebelas Maret.” Kajian Linguistik Dan Sastra 24(2):176–86.

Saddhono, Kundharu, and Muhammad Rohmadi. (2014). “A Sociolinguistics Study on the Use of the Javanese Language in the Learning Process in Primary Schools in Surakarta, Central Java, Indonesia.” International Education Studies 7(6):25–30.

Saddhono, Kundharu, and Y. Slamet. (2014). Pemelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori Dan Aplikasi. Graha Ilmu.

Septianasari, Lina. (2019). “Mother Tongue Issues And Challenge In Learning English As Foreign Language.” International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET) 3(2):204–214.

Sugiyono, Metode. (2015). “Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D).” Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syaputri, Wuri. (2019). “First Language Morphological Interference of English Language Learners (EFL).” in Seventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2018). Atlantis Press.

Tarigan, Djago. (1983). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud.

Published
2020-06-03
How to Cite
Syaputri, W., Septianasari, L., & Abqoriyyah, F. H. (2020). TANTANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN WAWANCARA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 90-97. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.281