Hubungan Electronic Word Of Mouth dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik pada Wanita Karier
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12977Abstract
Perkembangan ekonomi, teknologi, dan budaya di era globalisasi saat ini telah membawa perubahan signifikan dalam gaya hidup sosial di berbagai aspek kehidupan. Wanita sering kali menuntut pemenuhan kebutuhan pribadi mereka dengan menjaga penampilan melalui perawatan kesehatan dan kecantikan. Tujuan penelitian untuk menjelaskan hubungan antara Electronic word of mouth dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada wanita karier. Sampel yang digunakan adalah wanita karier di Soloraya. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yang tersusun dari istrumen perilaku konsumtif dengan metode kontruksi dan Instumen E-WOM dengan metode modifikasi, dengan nilai reliabilitas 0.83-0.92. Penelitian ini melibatkan 399 partisipan yang diperoleh dengan menggunakan teknik dengan incidental sampling. Untuk analisis data penelitian yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment pearson dengan bantuan program Statistic Packages for Social Science (SPSS) versi 25.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh r = 0,450 dan p = 0,000 (p< 0.05) yang bermakna hipotesis penelitian diterima yang menyatakn adanya hubungan positif yang signifikan antara electronic word of mouth dengan perilaku konsumtif pada wanita karier di Soloraya. Kesimpulannya, semakin tinggi tingkat electronic word of mouth seseorang maka semakin tinggi juga tingkat perilaku konsumtifnya. Sehingga diharapakan partisipan dan pembaca lebih selektif dan mengedepankan perilaku bijak dalam pembelian produk kosmetik dan membeli jika barang dibutuhkan saja agar terhindar dari perilaku konsumtif.
Keywords:
perilaku konsumen, komunikasi elektronik dari mulut ke mulut, wanita karierDownloads
References
Abbas, M. (2022). Celebrity Endorser, Citra Merek dan Harga Sebagai Penentu Keputusan Pembelian. Economics and Digital Business Review , 3(1), 104–117. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i1.181
Afifah, N., Masrizal, & Ayuning Anjar, Y. (2023). Kecantikan Sebagai Ideal Self Perempuan(Studi Kasus di Klinik Azqiara, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, 8(2), 1–10. www.jim.unsyiah.ac.id/Fisip
Alvira, R. (2023). Pengaruh Konten Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Keamanan Bertransaksi Sebagai Variabel Moderating. 4(1), 1–23.
Anggraini, J. S., Diyah, I. A., & Widyanti, R. (2024). Impulsive Buying Ditinjau Dari Customer Review, Price Discount, Dan Live Shop Pengguna Shopee Pada Pelajar Smk Di Karanganyar. DIMENSI, 13(1), 171–177.
Azwar, M. Y., & Senjani, N. (2023). Emosional Konsumen Sebagai Intervening Pengaruh Konten Pemasaran , Electronic Word Of Mouth , Dan Pada Niat Beli Di Aplikasi Tiktok. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 8(2), 332–349.
Chrisnawati, D., & Abdullah, S. M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. Jurnal Spirits.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.) Routledge. The A Ustr Alian Educational Researcher.
Erista, G. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Harga Pada E-Commerce Tiktokshop Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kosmetik (Vol. 4, Issue 1).
Erlangga Putra, A., & Budiono, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan di Es Teh Indonesia Bintaro. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 2033.
Gold, D., Katz, E., Lazarsfeld, P. F., & Roper, E. (1956). Personal Influence: The Part Played by People in the Flow of Mass Communications. American Sociological Review. https://doi.org/10.2307/2088435
Gorga, G., Chandra, Y. E. N., Barry, H., & Ginting, R. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Produk Luar Negeri Terhadap Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee. JAProf: Jurnal Administrasi Profesional, 03(1), 1–9.
Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Hasanah, F., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Aplikasi Tiktok Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Generasi Z Di Kota Surabaya Fiddinia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, November, 9(21), 348–360.
Ilmi, M. (2025). Pengaruh Konten Review di Tiktok sebagai E-WOM terhadap Perilaku Implusive Buying Produk Basreng. The Commercium., 09(01), 287–297.
Joesyiana, K. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Josua, D. P. (2023). Citizen Science Review: Bagaimana Kecantikan Dipandang Secara Psikososial? Jurnal Psikologi, 16(2), 292–314. https://doi.org/10.35760/psi.2023.v16i2.7908
Keiser, S., & Tortora, P. G. (2022). opinion leader. In The Fairchild Books Dictionary of Fashion. https://doi.org/10.5040/9781501365287.1918
Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research 4th Edition. Journal of Social Development.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid 1. Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.
Kusumaningrum, A., Wicaksono, B., & Saniatuzzulfa, R. (2018). Hubungan Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 14(1), 50–59.
Manullang, W. C., & Gultom, D. K. (2024). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening. Jesya, 7(1), 750–765. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1362
Melewar, T. C., Dennis, C., & Kent, A. (2014). Global design, marketing and branding: Introduction to the special issue. Journal of Business Research, 67(11), 2241–2242. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.06.011
Minor, M., Mowen, & C, J. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
Nasikah, D., & Yuliyanto, I. (2022). Peran Kinerja Dinas Perdagangan Kota Metro Dalam Rangka Mewujudkan Program Penguatan Pasar Di Bidang Industri Kecil Dan Menengah. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(1), 118–130. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i1.1206
Nur, D. S., & Octavia, A. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Marketplace Shopee Di Kota Jambi. Jurnal ManajemenTerapan Dan Keuangan (Mankeu) Vol., 11(02), 387–399.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Pambagyo, E. P., & Karnawati, Y. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Wom Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impluse Buying Pada Online Shop. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 513–520.
Ponirin, & Nur, W. B. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Hedonic Shopping Motives. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 333–344. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/jimut.v7i4.250
Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011
Rahmani, P. I. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studu Pada Wanita Bekerja Di Wilayah Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 508–514.
Rosen, B. C., & Fromm, E. (1956). The Sane Society. American Sociological Review. https://doi.org/10.2307/2089119
Sanny, B. I., & Dewi, R. K. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013- 2017 Bisma. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87.
Santoso, M. K. (2023). Pengaruh Lifestyle, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Ping Online Shop Purwokerto.
Sari, F. M. (2021). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau SKRIPSI.
Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 5(1), 53–65. http://journal.lembagakita.org
Simanungkalit, D. F. (2023). Pengaruh E-Wallet Dan E-Wom Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi.
Sofiana, I. I., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Kosmetik Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas X Semarang. Jurnal EMPATI, 9(1), 58–64. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26922
Suriani, N., Jailani, M. S., & Risnita. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Susanto, P. A., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Marketplace. Jurnal Penelitian Psikologi BukaLapak, 8(9).
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Zaqiyah, S., & Muszdalifah, L. (2023). Pengaruh Celebrity Endorse Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Produk Ms Glow (Studi Kasus Pada Toko Firfi Ms Glow Sidoarjo). Journal of Young Entrepreneurs, 2(1), 167–176.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saniatuz Zulaikha, Ayatullah Kutub Hardew

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work