Achievement Goal Orientation dan Social Loafing pada Mahasiswa KIP-Kuliah di Surakarta

Authors

  • Mizzatul Fadilah UIN Raden Mas Said Surakarta, Sukoharjo
  • Ayatullah Kutub Hardew UIN Raden Mas Said Surakarta, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8868

Keywords:

Kemalasan Sosial, Mahasiswa KIP-K, Orientasi Tujuan Berprestasi

Abstract

Di samping keunggulan, tentu tugas kelompok juga memiliki kelemahan salah satunya yaitu dapat menurunkan motivasi dan usaha individu untuk menyelesaikan tugas. Achievement goal orientation menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa. Biasanya mahasiswa KIP-K akan merasa lebih semangat dan berkontribusi maksimal ketika ada tugas kelompok. Peneliti menemukan fenomena masalah yaitu terdapat mahasiswa KIP-K yang melakukan social loafing. Idealnya, mahasiswa KIP-K atau penerima beasiswa lain tidak melakukan social loafing.  Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara achievement goal orientation dengan social loafing pada mahasiswa KIP-K Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 193 mahasiswa KIPK yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat ukur psikologi yaitu 2 skala yang digunakan, skala achievement goal orientation dan skala social loafing. Hasil validitas kedua skala berada pada koefisien 0.92-1.00 dengan jumlah penilai sebanyak 3 expert judgement, telah dihitung menggunakan validitas ‘Aikens dan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0.910 untuk skala social loafing dan 0.901 untuk skala achievement goal orientation. Uji analisis menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, nilai koefisien korelasi r = -0.533 dengan sig = 0.000 (p > 0.05) dan nilai r2 = 0.284, artinya terdapat hubungan yang negatif secara signifikan antara achievement goal orientation dengan social loafing. Artinya, semakin tinggi achievement goal orientation, maka akan semakin rendah kecenderungan untuk melakukan social loafing. Sebaliknya, semakin rendah achievement goal orientation, maka akan semakin tinggi kecenderungan untuk melakukan social loafing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Prananosa, A. G., Ismail, I., Herawati, E. S. B., & Subasman, I. (2021). Apakah Produk Beasiswa Bidikmisi Dapat Memutus Mata Rantai Kemiskinan di Indonesia? Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 78–99. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2063

Anugrah, Y. (2020). Peran Goal Commitment Terhadap Social Loafing pada Mahasiswa [Universitas Sumatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/26921

Asyad, A. B. (2023). Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah Harus Berprestasi, Cerdas dan Berakhlak. Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. https://bimashindu.kemenag.go.id/berita-pusat/mahasiswa-penerima-beasiswa-kip-kuliah-harus-berprestasi-cerdas-dan-berakhlak-ny4VJ

Aulia, H., & Saloom, G. (2019). Pengaruh Kohesivitas Kelompok dan Self Efficacy Terhadap Social Loafing pada Anggota Organisasi Kedaerahan di Lingkungan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. TAZKIYA: Journal of Psychology, 1(1), 79–88. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v18i1.9378

Dewi, S. S. (2018). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 4(4), 1–13.

Eliana, R., & Novliadi, F. (2020). Motivation and Social Loafing Tendency as Determinant of Academic Achievement. 7, 1720–1723. https://doi.org/10.5220/0010096517201723

Elliot, A. J., & McGregor, H. A. (2001). A 2 × 2 Achievement Goal Framework. Journal of Personality and Social Psychology, 80(3), 501–519. https://doi.org/10.1037/0022-3514.80.3.501

Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 13. https://doi.org/10.20473/jpkm.v3i12018.13-22

Harahap, R. A., & Rusli, D. (2019). Pengaruh Faktor Kepribadian terhadap Social Loafing pada Mahasiswa. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 1–11.

Hermawan, A. H., Sholikhah, R. N. A., & Amalia, H. N. (2022). Perilaku Social Loafing Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Era Media Sosial. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(2), 211–228. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/literasi.v2i1.4409

Høigaard, R., & Ommundsen, Y. (2007). Perceived Social Loafing and Anticipated Effort Reduction among Young Football (Soccer) Players: an Achievement Goal Perspective. Psychological Reports, 100(3 I), 857–875. https://doi.org/10.2466/PR0.100.3.857-875

Karana, A. C., Lavienda, D., Mahaswari, M. E. G., Rani, E., & Tedjawidjadja, D. (2020). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Social Loafing pada Mahasiswa dalam Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Experientia, 11(1), 31–42. http://repository.uin-suska.ac.id/28725/

Kolo, A., & Ikbal, A. (2022). Membina Karakter Aktivis Mahasiswa melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus terhadap Aktivitas Mahasiswa di Universitas Timor). Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.17587

Krisnasari, E. S. D., & Purnomo, J. T. (2017). Hubungan Kohesivitas Dengan Social Loafing Pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 13(1), 13–21. https://www.researchgate.net/profile/Eclisia-Selfi-2/publication/326916507_Hubungan_Kohesivitas_Dengan_Kemalasan_Sosial_Pada_Mahasiwa/links/5e1fd088458515ba208a806f/Hubungan-Kohesivitas-Dengan-Kemalasan-Sosial-Pada-Mahasiwa.pdf

Kusuma, P. J. (2015). Hubungan antara Harga Diri dengan Pemalasan Sosial pada Mahasiswa. Naskah Publikasi, 1–11. https://eprints.ums.ac.id/36113/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Lamanepa, R. K., Keraf, M. K. P. A., & Wijaya, R. P. C. (2021). The Effectiveness of Group Cohesiveness Training in Reducing Social Loafing. Journal of Health and Behavioral Science, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.35508/jhbs.v3i2.3801

Marlina. (2019). Social Loafing Mahasiswa UNNES dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Mengerjakan Tugas Kelompok. Universitas Negeri Semarang.

Mp, D. R. A. B., Oktari, S., & Purna, R. S. (2022). Perilaku Social Loafing Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kelompok melalui Sistem Daring. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v17i1.8059

Myers, D. G. (2010). Social Psychology (10 Ed.). The McGraw-Hill Companies.

Narotama, I. B. I., & Rustika, I. M. (2019). Peran Harga Diri dan Efikasi Diri Terhadap Social Loafing pada Mahasiswa Preklinik Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1281–1292.

Oktrivia, R. J., & Maryam, E. W. (2021). Social Loafing on Students of Muhammadiyah University Sidoarjo. Academia Open, 5, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2135

Paksi, E. W. H., Okfrima, R., & Mariana, R. (2020). Hubungan Antara Kohesivitas Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemalasan Sosial (Social Loafing) Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.45

Panjaitan, S. S. U., Akmal, M. El, & Mirza, R. (2019). Social Loafing Ditinjau dari Kohesivitas pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia di Sumatera. Jurnal Diversita, 5(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.2319

Pintrich, P. R. (2000). An Achievement Goal Theory Perspective on Issues in Motivation Terminology, Theory, and Research. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1017

Prasetyo, A., Istiqomah, R. S., Rifai, M., Abdul, M., & Azis, D. M. (2022). Analisis Konsep Model Kepribadian Mahasiswa Penerima KIP-Kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta Menuju Era Society 5.0. Academica (Journal of Multidisciplinary Studies), 6, 77–100. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/academica.v6i1.5709

Pratama, K. D., & Aulia, F. (2020). Faktor-Faktor yang Berperan dalam Pemalasan Sosial (Social Loafing): Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.611

Purba, R. A. S., & Eliana, R. (2018). Hubungan Self-Efficacy dan Social Loafing Tendency pada Mahasiswa. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 1(1), 258–263. https://doi.org/https://doi.org/10.32734/lwsa.v1i1.173

Purna, R. S., Sari, L., Angraini, F., Armalita, R., & Oktari, S. (2022). Achievement Goal Orientation and Cohesivity Reduce Social Loafing Tendency among Undergraduate Students. International Journal of Research in Counseling and Education (IJRiCE), 06(02), 213–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/00583za0002

Putri, G. A., Iswinarti, I., & Istiqomah, I. (2021). Harga Diri Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa LSO (Lembaga Semi Otonom). Journal Psikogenesis, 8(2), 229–240. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.790

Rahmawati, E., & Farozin, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal melalui Teknik Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 3 Wates Yogyakarta. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari, 19(2), 236–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5035

Riwoe, C. E., Dinah, M. C. L., & Benu, J. M. Y. (2022). Social Loafing Behavior in Group Task Completion of University Student. Journal of Health and Behavioral Science, 4(3), 460–468. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jhbs.v4i3.7330

Sampurno, Y. G., Siswanto, I., & Efendi, Y. (2018). Karakteristik Mahasiswa Bidik Misi Pendidikan Teknik Otomotif (Studi Kasus Sikap, Minat, Motivasi, dan Prestasi Mahasiswa Bidik Misi). Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21779

Sari, L. I., Probonegoro, W. A., Romadiana, P., & Saftari, M. (2021). Sosialisasi, Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan KIP Kuliah di Desa Air Anyir. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 945–950. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2778

Sastra Purna, R., Armalita, R., & Oktari, S. (2021). Social Loafing Viewed From The University Students Achievement Goal Orientation (AGO) Type. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(01), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/00583za0002

Satryawan, E. (2016). Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa antara Penerima Beasiswa dengan Tidak Penerima Beasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2011 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7683

Supardi, F. (2016). Hubungan Harga Diri dengan Perilaku Menyontek pada Mahasiswa [Universitas Medan Area]. http://hdl.handle.net/123456789/306

Williams, K. D., & Karau, S. J. (1993). Social Loafing: A Meta-Analytic Review and Theoretical Integration. Journal of Personality and Social Psychology, 65(4), 681–706. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.65.4.681

Ying, X., Li, H., Jiang, S., Peng, F., & Lin, Z. (2014). Group Laziness: The Effect of Social Loafing on Group Performance. Social Behavior and Personality: An International Journal, 42(3), 465–472. https://doi.org/https://doi.org/10.2224/sbp.2014.42.3.465

Yudhistira, S., Deasyanti, D., & Muzdalifah, F. (2020). Analisis Model Pengaruh Goal Orientation, General Self-Efficacy dan Jenis Kelamin terhadap Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(2), 358. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.8849.2020

Downloads

Published

2024-04-28

How to Cite

Fadilah, M., & Hardew, A. K. (2024). Achievement Goal Orientation dan Social Loafing pada Mahasiswa KIP-Kuliah di Surakarta. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 433–442. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8868

Issue

Section

Articles