Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1287Abstract
Kemajuan teknologi dengan adanya media audiovisual dalam proses pembelajaran dapat memberikan banyak dorongan kepada siswa, karena berupa audiovisual/suara gambar. Penggunaan audiovisual diharapkan mampu memberikan semangat serta motivasi belajar siswa dan menciptakan kepuasan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media audiovisual terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Putra Jaya Depok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen desain, dengan menerapkan pretest dan posttest. Dengan pengambilan teknik sampel jenuh. Uji instrument dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment didapatkan 30 pernyataan angket yang valid dari 48 butir pernyataan. Uji Reliabilitas memakai rumus Alpha Cronbach. Uji analisis persyaratan normalitas memakai uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Berikutnya, Uji Hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar IPA dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas IV SD Putra Jaya Depok.
Keywords:
media audiovisual, motivasi belajar IPADownloads
References
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Jamil Suprihatiningrum. (2017). Strategi Pembelejaran Teori dan Aplikasi (R. K. Ratri (ed.); cetakan II). Ar-Ruzz Media.
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225
Listiana, N. (2019). Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang.
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); kedua). ALFABETA, cv.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, A. H. (2019). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD I Made Tegeh 1 , Ni Luh Ariesti Pratiwi 2 ,Alexander Hamonangan Simamora 3. 17(2), 150–170.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work