Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Siska Yolanda Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Septi Fitri Meilana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286

Keywords:

aplikasi quizizz, minat belajar, IPA

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting untuk membangun kualitas proses belajar agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar harus kreatif serta inovatif untuk menjauhkan siswa dari kejenuhan dalam belajar dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran . penelitian ini memiliki tujuan untuk melihati pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN 19 Kramat Jati. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan bentuk posttest only control design. Dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Uji Validitas menggunakan rumus product moment dan dari 30 pernyataan didapatkan 25 pernyataan valid dan 5 pernyataan drop. Uji Reliabilitas menggunakan rumus alpha cornbach. Uji analisis persyatan normalitas menggunakan uji Liliefors dan Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher. Terkahir, Uji Hipotesis dilakukan menggunakan uji-t . Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa adanya pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN Kramat Jati 19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Amanah, S. A. N., Iwan, C. D., & Selamet. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI. Jurnal Bestari, 17(1), 117–132.
AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Fatahullah, M. M. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bahan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang antara lain mencakup ilmu bumi , sejara. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 237–252.
Fauza, L., & Farida, I. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jpgsd, 08, 89–99.
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas v sd. E-Journal.Hikmahuniversity.Ac.Id, 03(01), 37–41. http://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/317
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOT. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Sugiono, dr prof. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (D. Sutopo (ed.); 2nd ed.). alfabeta.
TAUFIK, M., & KRISTANTO, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Mata Pelajaran Fisika Materi Listrik Arus Searah Kelas Xi Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–8.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Yolanda, S., & Meilana, S. F. . (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286