Efektivitas Blended Learning di Era Pandemi Terhadap Proses Pembelajaran PKn Kelas V

Authors

  • Milania Fitri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1241

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi di beberapa negara di dunia membawa dampak yang buruk pada beberapa sektor terutama pada sektor pendidikan di Indonesia. sehingga pembelajaran dilakukan secara daring atau  pembelajaran jarak jauh. Seiring berjalannya waktu pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara terus-menerus masih memiliki kendala, diantara nya yaitu orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak dapat membimbing anaknya dalam proses pembelajaran, fasilitas internet yang tidak memadai dan juga beberapa orang tua yang tidak paham akan teknologi. Dengan hal itu, pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan Blended Learning yaitu mencampurkan atau menggabungkan proses pembelajaran tradisional (tatap muka) dengan pembelajaran (tekonologi) online melalui web, video dan juga aplikasi belajar online dengan pembelajaran tradisional yang memanfaatkan berbagai sumber yang ada dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Blended Learning terhadap proses pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan rancangan one group posttest only design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji anlisis korelasi product moment pearson dan uji signifikansi uji-t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivtas Blended Learning terhadap proses pembelajaran PKn.

Keywords:

Blended Learning, pembelajaran PKn

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman, U. (n.d.). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. 3, 159–168.
Asdar, N. F., Arisona, A., & Eso, R. (2020). Penerapan Blended Learning dengan Whatsapp untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Kelistrikan Di SMK Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 265. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.14085
Burhan, W. (2016). pendidikan kewarganegaraan pancasila dan undang undang dasar 1945. depok: PT raja grafindo persada.
Hima, L. R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan FungsiI. 2.
Husamah, S. (2019). Pembelajaran Bauran(Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Mimin Ninawati, M. (2017). bahan ajar pendidikan guru sekolah dasar inovasi pembelajaran di sd. Depok:PT Rajagrafindo Persada.
Mubarak Ahmad, N. K. (2017). pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta: Uhamka Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: cv Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 672
Downloads Count: 396

Published

2021-08-07

How to Cite

Fitri, M. ., & Ninawati, M. . (2021). Efektivitas Blended Learning di Era Pandemi Terhadap Proses Pembelajaran PKn Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 832–839. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1241

Similar Articles

<< < 46 47 48 49 50 51 52 53 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.