Strategi Inovatif Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) untuk Pendidikan Dasar di Daerah 3T

Optimalisasi Pembelajaran di Tengah Keterbatasan

Authors

  • Ury 5Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Decky Avrilianda Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12407

Abstract

Pembelajaran kelas rangkap adalah model pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi kekurangan guru, siswa, dan fasilitas, terutama di daerah terpencil dengan sumber daya terbatas. pembelajaran kelas rangkap memungkinkan satu guru untuk mengajar beberapa tingkat kelas secara bersamaan serta meningkatkan akses pendidikan dan efisiensi penggunaan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kelas rangkap dengan mengintegrasikan konsep dan strategi pembelajaran inovatif, serta teknik manajemen kelas yang efektif dan adaptif. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, dengan menganalisis artikel jurnal yang terpilih dari berbagai jurnal ilmiah yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kelas rangkap memerlukan strategi pengajaran adaptif seperti pengajaran kolaboratif dan penggunaan bahan ajar lokal. Keterlibatan komunitas dan pelatihan guru memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan model ini. Tantangan signifikan termasuk manajemen waktu dan fasilitas yang terbatas manjadi faktor utama. Akan tetapi PKR telah terbukti meningkatkan keterampilan sosial dan kemandirian siswa. Kesimpulannya, penerapan PKR dapat menjadi solusi yang efektif jika didukung oleh strategi manajemen yang cermat dan kebijakan pendidikan yang mendukung, terutama di daerah dengan akses terbatas seperti daerah 3T.

Keywords:

Pembelajaran Kelas Rangkap, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Terpencil, Pendidikan Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, G., & Akhter, M. (2021). EFFECT OF MULTI-GRADE TEACHING ON STUDENTS’COGNITIVE ABILITIES IN MULTI-GRADE LITERACY CENTERS OF PUNJAB. Pakistan Journal of Society, Education & Language. https://jehanf.com/pjsel/index.php/journal/article/view/482

Asimaki, A., Georgakopoulou, M., Koustourakis, G., & ... (2023). INVESTIGATING THE TEACHERS’PEDAGOGICAL PRACTICES IN MULTI-GRADE PRIMARY SCHOOLS: A SOCIOLOGICAL APPROACH. … Journal of Education …. https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/4821

Bua, J. D., & Martin, M. D. M. (2020). Handling multi-grade teaching: It’s educational implication towards teachers’ competence. Management Research Journal. http://ojs.upsi.edu.my/index.php/MRJ/article/view/3494

Çakir, P., & Firat, N. S. (2022). The Opinions of Primary School Teachers Who Taught in Multi-Grade Classrooms on Multigrade Class Instructional Practices. Journal of Educational Leadership and Policy Studies. https://eric.ed.gov/?id=EJ1352892

Carrete-Marín, N., & Domingo-Peñafiel, L. (2022). Textbooks and teaching materials in rural schools: A systematic review. CEPS Journal. https://www.pedocs.de/frontdoor.php?source_opus=25218

Fatima, N., Mahmood, S., & Noor, A. (2024). Impact of Multi-Grade Teaching on Student Learning. Journal of Educational Research …. https://ojs.jerssr.org.pk/index.php/jerssr/article/view/265

Goel, R. (2022a). Effectiveness Of Multi-Grade Teaching And Monograde Teaching At Elementary Stage-A Comparative Study. Journal of Positive School Psychology, 5236–5243.

Hendrik, M., & Hikmawati, A. (2023). IDENTIFIKASI KESULITAN DAN STRATEGI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. JBES (Journal Basic Education Skills), 1(1), 8–15.

Idel, M., & Rustan, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Sebagai Upaya Pemenuhan Guru di SDN 068 Manganan Kecamatan Rongkong. Socratika: Journal of Progressive Education and …. https://ssed.or.id/journal/socratika/article/view/69

Kalender, B., & Erdem, E. (2021a). Challenges faced by classroom teachers in multigrade classrooms: A case study. Journal of Pedagogical Research, 5(4), 76–91.

Karaçoban, F., & Karakuş, M. (2022). Evaluation of the curriculum of the teaching in the multigrade classrooms course: Participatory evaluation approach. Pegem Journal of Education and …. https://mail.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/1448

Kartal, A., & Demir, E. G. (2023). Multi-grade teaching: Experiences of teachers and preservice teachers in Turkey. In … Educational Research Journal. akjournals.com. https://akjournals.com/view/journals/063/aop/article-10.1556-063.2022.00132/article-10.1556-063.2022.00132.xml?body=fullhtml-23970&utm_source=TrendMD&utm_medium=cpc&utm_campaign=Hungarian_Educational_Research_Journal_TrendMD_0

khanal, U. (2022). An Effectiveness of Multi-Grade Teaching At The Basic Level of School. SSRN Electronic Journal, May. https://doi.org/10.2139/ssrn.4091952

Khofiyah, A. N., Frestava, V. I., & Azifa, L. R. N. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1425–1431.

Kusuma, Y. Y., Aprinawati, I., & Sumianto, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Catha: Journal of Creative and Innovative Research, 1(2), 93–98.

Lisondra, M. J. (2023). Multigrade Teachers’ Lived Experiences in Hinterland Schools: Management Plan. Psychology and Education: A Multidisciplinary Journal. https://scimatic.org/show_manuscript/2024

Msimanga, M. R. (2019a). Managing the use of resources in multi-grade classrooms. South African Journal of Education, 39(3).

Pebrianti, T., Septafi, G., & ... (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di Wilayah 3T. Jurnal Eduakasi …. https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/eduaksi/article/view/363

Plessis, P. Du, & Mestry, R. (2019). Teachers for rural schools–a challenge for South Africa. South African Journal of Education. https://www.ajol.info/index.php/saje/article/view/190868

Pranata, A. (2024). Evaluasi Instrumen Tes Non Kognitif pada Pembelajaran Kelas Rangkap di Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 8(2), 323. https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/999

Qayoom, A., Aziz, A., Akram, M., & ... (2024). Multi-grade Teaching and its Detrimental Effects on the Performance of Primary School Teachers in District Hub, Balochistan. International Journal …. https://ijsse.salmaedusociety.com/index.php/ijsse/article/view/263

Sali, M., & Arriola, B. H. (2019). Preparations and practices of Multi-grade teachers In ISABELA City Schools Division, BASILAN. In … Journal of Novel Research in Education …. noveltyjournals.com. https://www.noveltyjournals.com/upload/paper/PREPARATIONS AND PRACTICES-1850.pdf

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.

Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18279

Taole, M. (2022). Challenges Encountered by Teaching Principals in Rural Multigrade Primary Schools: A South African Perspective. International Journal of Whole Schooling. https://eric.ed.gov/?id=EJ1346705

Toroghi, E. B., & ... (2022). Validation of a model for the quality of education in multi-grade classrooms in primary schools. Iranian Journal of …. http://iase-idje.ir/browse.php?a_code=A-10-1008-1&slc_lang=en&sid=1

Velasco, R. A., Ramos, A. O., & Azarias, R. A. (2022a). BADANGAM: An indigenized multi-grade teaching model. International Journal of Research Studies in Education, 11(2). https://doi.org/10.5861/ijrse.2022.102

Velasco, R. A., Ramos, A. O., & Azarias, R. A. (2022b). BADANGAM: An Indigenized Multi-Grade Teaching Model. In … Studies in Education. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Ranec-Azarias/publication/357750617_BADANGAM_An_indigenized_multi-grade_teaching_model/links/622a7beda39db062db91fc5e/BADANGAM-An-indigenized-multi-grade-teaching-model.pdf

Wapa, A., & Arrasyid, H. (2024). HAKIKAT MODEL PENGELOLAAN PKR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Eduakasi Dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), 175–192.

Wijaksono, A., Suroya, A., & Septafi, G. (2024). IMPLEMENTASI MENEJEMEN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(1), 60–68.

Downloads

Abstract Views : 229
Downloads Count: 115

Published

2025-03-22

How to Cite

Ury, U., Suminar, T., Raharjo, T. J., Avrilianda, D., & Subali, B. (2025). Strategi Inovatif Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) untuk Pendidikan Dasar di Daerah 3T: Optimalisasi Pembelajaran di Tengah Keterbatasan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12407

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.