Self Acceptance Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Kristha Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12348Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi proses penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan bagaimana perjalanan ini mempengaruhi kepercayaan diri mereka dalam menyekolahkan anak di Sekolah Inklusi Kristha Pertiwi, yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Kristha Pertiwi menyediakan layanan dan fasilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Orang tua yang menjadi subjek penelitian memiliki anak dengan berbagai diagnosis, yang berpengaruh signifikan terhadap proses penerimaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis wawancara mendalam dengan orang tua anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri orang tua, dukungan dari keluarga dan komunitas, serta keterlibatan dalam komunitas orang tua di sekolah berperan penting dalam membentuk proses penerimaan diri mereka. Selain itu, penelitian ini berkontribusi dalam bidang pendidikan inklusif dengan menyoroti pentingnya dukungan sosial dalam membangun ketahanan dan penerimaan diri orang tua. Temuan ini memberikan wawasan bagi lembaga pendidikan dan komunitas dalam meningkatkan dukungan bagi orang tua dalam menghadapi dan menerima kondisi anak mereka.
Keywords:
Penerimaan Diri, Proses, Anak Berkebutuhan KhususDownloads
References
Aldrian, Neil. 2015. Design Your Life. Depok : Puspa Swara.
Azmi, I U., Thamrin, M., & Akhwani A. 2021. Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551-3558.
Cahyaningrum, Rahma Kartika. 2024. Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal.
Frieda Mangunsong. 2019. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. LPSP3 UL.
Hafizah, Rita Rahma Mulyani. 2022. Profit Self Acceptance Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang. Journal of education Research.
Ibrahim, A R., & Toyyibah, S. 2019. Gambaran Self Acceptance Siswi Korban Cyberbullying. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 37-44.
Kartika, Maureen, dan Irwanto. 2020. Aku dan Skoliosis: Studi Kasus Penerimaan Diri Remaja Perempuan yang Mengalami Skoliosis,. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.
Pitaloka, Asyharinur Ayuning, dkk. 2022. Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2 Nomor 1, Januari 2022.
Sofia, Suci, dkk. 2019. Mencetak Pendidik Berkualitas bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Solo: Metagraf.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Benedicta Felicia Pramesthi, Eunike Milasari Listyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work