Praktik Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar

Authors

  • Fatkhul Arifin Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta
  • Yufiarti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4191

Abstract

Peraturan pemerintah mengharuskan setiap sekolah menerima anak berkebutuhan khusus setidaknya 10% dari jumlah penerimaan siswa. Tentu harus ada kesiapan dari sekolah, baik dari kesiapan guru, fasilitas dan kurikulum dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah dalam melaksanakan Pendidikan inklusi di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis dekriptif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah dasar negeri yang berada di wilayah Depok. Instrumen yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dideskripsikan dan dikaji lebih mendalam dengan mengaitkan teori terkait dengan Pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Pendidikan inklusi berjalan dengan baik. Proses penerimaan dilakukan dengan seleksi yang ketat, pembelajaran dilaksanakan dengan media dan bahan ajar ABK disesuaikan, instrument penilaian yang digunakan dirancang untuk siswa ABK. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan program Pendidikan inklusi yang dilaksanakan pada sekolah dasar negeri dilaksanakan dengan baik, hanya saja butuh dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah yang memfasilitasi sekolah untuk Pendidikan inklusi, jumlah guru pendamping khusus dan tentunya orang tua.

Keywords:

Prakti Pendidikan, Pendidikan Inklusi, Anak berkebutuhan khusus, Guru Pendamping Khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acedo, C. (2011). Preparing teachers for inclusive education. In Prospects (Vol. 41, Issue 3, pp. 301–302). https://doi.org/10.1007/s11125-011-9198-2

Ainscow, M. (2020). Inclusion and equity in education: Making sense of global challenges. Prospects, 49(3–4), 123–134. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09506-w

Amr, M. (2011). Teacher education for inclusive education in the Arab world: The case of Jordan. Prospects, 41(3), 399–413. https://doi.org/10.1007/s11125-011-9203-9

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (n.d.). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding KS: Riset & PKM, 223–227.

David Skidmore. (2004). Inclusion: The dynamic of school development. McGraw-Hill Education.

Dignath, C., Rimm-Kaufman, S., van Ewijk, R., & Kunter, M. (2022). Teachers’ Beliefs About Inclusive Education and Insights on What Contributes to Those Beliefs: a Meta-analytical Study. Educational Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09695-0

Donnelly, V., & Watkins, A. (2011). Teacher education for inclusion in Europe. In Prospects (Vol. 41, Issue 3, pp. 341–353). https://doi.org/10.1007/s11125-011-9199-1

Engelbrecht, P. (2006a). The implementation of inclusive education in South Africa after ten years of democracy. Uropean Journal of Psychology of Education, XXI(3), 253–264.

Engelbrecht, P. (2006b). The implementation of inclusive education in South Africa after ten years of democracy. Uropean Journal of Psychology of Education, XXI(3), 253–264.

Kellmer Pringle, M. L. (n.d.). The Study Of Exceptional Children-The Work Of The Remedial Education Centre Of Birmingham University.

Khairuddin. (2020). Pendidikan Inklusif Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Tazkiya, IX(1), 82–104. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya

Lanham, K. Yu. (2014). The implementation of inclusive education in Beijing. In Front Educ (Vol. 9, Issue 3, pp. 461–463).

Marope, P. T. M. (2017). Advancing inclusive and quality education through human rights education. In Prospects (Vol. 47, Issues 1–2). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11125-018-9430-4

Novrizaldi. (2022). Pemerintah Wajib Penuhi Hak Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas.

Opertti, R., & Belalcázar, C. (2008). Trends in inclusive education at regional and interregional levels: Issues and challenges. Prospects, 38(1), 113–135. https://doi.org/10.1007/s11125-008-9062-1

Patera, E. (2021). Inclusive Lectures: How Often Do We See Them Across Anatomy and Medical Education? In Medical Science Educator (Vol. 31, Issue 6, p. 2137). Springer. https://doi.org/10.1007/s40670-021-01411-x

Perrin, A. L., Jury, M., & Desombre, C. (2021). Are teachers’ personal values related to their attitudes toward inclusive education? A correlational study correlational study. Social Psychology of Education, 24(4), 1085–1104. https://doi.org/10.1007/s11218-021-09646-7

Praptiningrum, N. (2010). Fenomena Peneyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2), 32–39.

Rahim, A. (2016). Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 68–71.

UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Departement Pendidikan dan Kebudayaan.

Ydo, Y. (2020). Inclusive education: Global priority, collective responsibility. In Prospects (Vol. 49, Issues 3–4, pp. 97–101). Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09520-y

Downloads

Abstract Views : 3059
Downloads Count: 5263

Published

2023-03-02

How to Cite

Arifin, F., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2023). Praktik Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 198–208. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4191

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.