Simulasi Rasa Percaya Diri Dengan Kegiatan Tarian Saronde Pada Anak Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1384Abstract
Rasa percaya diri adalah modal dasar seorang anak manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Tari Saronde merupakan tarian yang diangkat dari tradisi pernikahan adat masyarakat Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui penerapan tarian saronde dalam meningkatkan percaya diri anak Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tempat pelaksanaan di TK Idhata Titidu, Kabupaten Gorut. Hasil penelitian ini percaya diri pada siklus I sangat baik dan baik mencapai 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%), Hasil pengamatan kegiatan guru dalam pembelajaran, pada siklus I kriteria sangat baik dan baik mencapai 62.33% dan pada siklus II meningkat menjadi 83.5%. Hasil pengamatan aktivitas anak dalam pembelajaran, pada siklus I pada kriteria sangat baik dan baik mencapai 70.14% dan pada siklus II menjadi 83.1 %. Berdasarkan hasil capaian persentase tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai. Jadi bahwa kemampuan rasa percaya diri anak dapat meningkat dengan kegiatan tarian saronde.
Keywords:
percaya diri, tarian sarondeDownloads
References
Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa. Swara.
http://www.kamerabudaya.com/2016/11/tari-saronde-tarian-tradisional-dari-provinsi-gorontalo.html
Pinahayu, EAR. 2017. Problematika penerapan model pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika SMP di Brebes. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 1 (1), 77-85
Lie, Anita. 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana. Indonesia, Jakarta
Ratih, Iskarima. 2009. Super Confident Child. Yogyakarta: Imperium.
Uno B. Hamzah, 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work