Self Acceptance Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Kristha Pertiwi

Authors

  • Benedicta Felicia Pramesthi Univeristas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Eunike Milasari Listyaningrum Univeristas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12348

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi proses penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan bagaimana perjalanan ini mempengaruhi kepercayaan diri mereka dalam menyekolahkan anak di Sekolah Inklusi Kristha Pertiwi, yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Kristha Pertiwi menyediakan layanan dan fasilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Orang tua yang menjadi subjek penelitian memiliki anak dengan berbagai diagnosis, yang berpengaruh signifikan terhadap proses penerimaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis wawancara mendalam dengan orang tua anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri orang tua, dukungan dari keluarga dan komunitas, serta keterlibatan dalam komunitas orang tua di sekolah berperan penting dalam membentuk proses penerimaan diri mereka. Selain itu, penelitian ini berkontribusi dalam bidang pendidikan inklusif dengan menyoroti pentingnya dukungan sosial dalam membangun ketahanan dan penerimaan diri orang tua. Temuan ini memberikan wawasan bagi lembaga pendidikan dan komunitas dalam meningkatkan dukungan bagi orang tua dalam menghadapi dan menerima kondisi anak mereka.

Keywords:

Penerimaan Diri, Proses, Anak Berkebutuhan Khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldrian, Neil. 2015. Design Your Life. Depok : Puspa Swara.

Azmi, I U., Thamrin, M., & Akhwani A. 2021. Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551-3558.

Cahyaningrum, Rahma Kartika. 2024. Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal.

Frieda Mangunsong. 2019. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. LPSP3 UL.

Hafizah, Rita Rahma Mulyani. 2022. Profit Self Acceptance Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang. Journal of education Research.

Ibrahim, A R., & Toyyibah, S. 2019. Gambaran Self Acceptance Siswi Korban Cyberbullying. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 37-44.

Kartika, Maureen, dan Irwanto. 2020. Aku dan Skoliosis: Studi Kasus Penerimaan Diri Remaja Perempuan yang Mengalami Skoliosis,. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.

Pitaloka, Asyharinur Ayuning, dkk. 2022. Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2 Nomor 1, Januari 2022.

Sofia, Suci, dkk. 2019. Mencetak Pendidik Berkualitas bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Solo: Metagraf.

Downloads

Abstract Views : 75
Downloads Count: 57

Published

2025-03-22

How to Cite

Pramesthi, B. F., & Listyaningrum, E. M. (2025). Self Acceptance Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Kristha Pertiwi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12348

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.