Karakteristik dan Perbedaan Individu dalam Efektivitas Pendidikan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1227

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memahami karakteristik dan perbedaan individu karena ini adalah salah satu faktor yang harus dipelajari dalam pembelajaran perkembangan peserta didik karena menyangkut persiapan anak untuk menerima pembelajaran dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Pada setiap individu mempunyai karateristik dan perbedaan. Penelitian dengan menggunakan konsep tinjauan pustaka ini menggunakan teknik Systematic Literature Review (SLR). Teknik SLR dilakukan dengan cara melakukan review terhadap artikel-artikel yang sesuai dengan topik pertanyaan penelitian kemudian membuat kajian yang mendalam terhadap artikel yang sudah di riview tersebut. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa dalam perbedaan individu selalu mengkaji perbedaan dan persamaan individu secara psikologis dalam lingkungan pembelajaran. Sedangkan karakteristik individu adalah minat, sikap terhadap diri sendiri, dan perilaku baik yang bersifat positif maupun negatif. Individu adalah makhluk  yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang. Simpulannya diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang karakteristik dan perbedaan individu oleh karena itu sebagai pendidik harus betul-betul paham.

Keywords:

karakteristik individu, perbedaan individu, perkembangan peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Roni Rodiyana, Universitas Majalengka

3x4.jpg

References

Casram, C. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588

Dr Ratna Puspitasari, M. P. (n.d.). [https://id.wikipedia.org/wiki/Individu]. 1–8.

Noor, H. (2014). Pembawaan dan Pengalaman dalam Pendidikan (Konsep Fitrah, Nature dan Nurture). 59(1), 8–15.

Noor, M., Khan, A., & Azizi, N. (2009). Pelaporan kewangan menerusi internet: perspektif teori kontingensi. Jurnal Kemanusiaan, 14, 68–84.

Rahmi, P. (2020). Mengembangkan kecerdasan sosial dan emosinal anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 6(1), 19–44. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7275

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Samio, S. (2018). Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36–43. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.791

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wahidah. (2019). Memahami Perbedaan Individu Pebelajar Dalam Proses Belajar Mengajar. At- Tarbawi, 11(2), 86–96. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1261

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Reviuw Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/481/0

Downloads

Abstract Views : 10621
Downloads Count: 12439

Published

2021-08-03

How to Cite

Rodiyana, R., & Dwi Puspitasari, W. (2021). Karakteristik dan Perbedaan Individu dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 796–803. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1227

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.