Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang

Authors

  • Anindita Putri Kirani Universitas Sebelas Maret
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah mengubah cara manusia dalam menjalani kehidupan sepenuhnya. Transisi dari Revolusi Industri ke Era Society 5.0 menandakan bahwa perkembangan dunia terus bergerak maju, sehingga masing-masing individu harus dapat diandalkan dan mampu hidup dalam konteks global yang modern. Era Society 5.0 akan berfokus pada penggunaan teknologi dalam membantu pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik. Supaya generasi muda tidak mudah terombang-ambing dalam perkembangan teknologi ini diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat memperkuat karakter kebangsaan dari masing-masing individu. Pendidikan karakter sangat penting dalam rangka mewujudkan suatu bangsa dan negara yang berakhlak mulia dan masyarakat yang adil. Pendidikan karakter ini bisa dicapai dengan adanya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran penting Pendidikan Kewarganegaraan dalam menghadapi era yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara observasi, simak-catat, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya sendiri diperoleh dari artikel-artikel maupun jurnal yang terdapat pada media daring. Dapat disimpulkan bahwa dalam implementasinya Pendidikan Kewarganegaraan memiliki tiga kompetensi yang harus dikuasai tiap individu supaya dapat menghadapi era Society 5.0 dengan baik. Kompetensi yang dimaksud adalah civic knowledge (pengetahuan), civic skills (keterampilan), dan civic dispositions (sikap).

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Era Society 5.0, Sumber Daya Manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, M. M. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Mengoptimalisasikan Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masyarakat Indonesia Dalam Kajian Manifestasi Pluralisme Di Era Globalisasi. JURNAL ILMIAH MIMBAR DEMOKRASI, 14(2), 1-10.

Ainah, S. R. (2016). Strategi Guru PKN Menanamkan Karakter Sopan Santun. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 875-881.

Alhefeiti, F. S. (2018). Society 5.0 A Human-Centered Society That Balances Economic Advancement With The Resolution Of Social Problems By A System That Highly Integrates Cyberspace And Physical Space. Retrieved from The British University in Dubai (BUiD) Digital Repository: https://bspace.buid.ac.ae/handle/1234/1323

Ali Sadiyoko, C. F. (2018). Industry 4.0: Pengaruhnya Terhadap Rencana Strategis Pengembangan Jangka Panjang Teknik Mekatronika UNPAR. Jurnal Otomasi, Kontrol, dan Instrumentasi, 10(2), 85-96.

Aprillio Poppy Belladonna, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 196-210.

Daniar Asyari, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 30-41.

Dimas Setiawan, M. L. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1), 1-7.

Dinie Anggraeni Dewi, Z. U. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499-506.

Faulinda Ely Nastiti, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.

Felixtian Teknowijoyo, L. M. (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 173-184.

Frenty Lia, A. H. (2014). Hubungan Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Dengan Sikap Siswa Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Kultur Demokrasi.

Handitya, B. (2021). Membangun Karakter Pancasila Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pancasila, 2(2), 45-58.

Hendro Setyo Wahyudi, M. P. (2014). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13-24.

Himmatul Izza Nur Fadhila, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.

Najicha, F. U. (2017). Aku Generasi Unggul Masa Depan Generasi Perubahan. Retrieved from ACADEMIA: https://www.academia.edu/39981475/Aku_Generasi_Unggul_Masa_Depan_Generasi_Perubahan_Oleh_Fatma_Ulfatun_Najicha

Novia Lucas Cahyadi Lie, N. K. (2017). Pengaruh Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496-1514.

Renata Nur Annisa, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi 4.0. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 47-57.

Salgues, B. (2018). Society 5.0: Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools. Hoboken: John Wiley & Sons.

Siti Zahra Al Munawaroh, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 3(4), 291-298.

Tesa Lonika D.P, H. A. (2021). Civic Literacy: Sebagai Upaya Dalam Mempersiapkan Warga Negara Menuju Era Society 5.0. Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menyambut Era Society 5.0 (pp. 449-455). Surakarta: FKIP UNS.

Tsana Nur Faridah, D. A. (2021). Meningkatkan Karakter Generasi Muda di Era 5.0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7310-7314.

Wicaksono, D. S. (2021). Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alpa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0. Retrieved from E - Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu: http://repository.iainbengkulu.ac.id/7905/

Widiatmaka, P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila di Perguruan Tinggi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1(2), 176-185.

Yoshihiro Shiroishi, K. U. (2018). Society 5.0 : For Human Security and Well-being. Computer Edisi 51, VII, 91-95.

Yuqian LuYuqian Lu, J. S. (2021). Humans are not Machines - Anthropocentric Human-Machine Symbiosis for Ultra-Flexible Smart Manufacturing. Engineering, 7(6), 734-737.

Downloads

Abstract Views : 13988
Downloads Count: 10944

Published

2022-06-28

How to Cite

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 767–773. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.