Sistematic Literatur Review: Media Komik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Wina Dwi Puspitasari Universitas Majalengka
  • Erik Santoso Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202

Keywords:

Media Komik, Pembelajaran di Sekolah Dasar

Abstract

Komik merupakan media alternatif yang dapat diguanakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar. Komik pembelajaran merupakan cerita yang di buat oleh guru dengan karakter tertentu dengan tujuan memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian dengan menggunakan konsep tinjauan pustaka ini menggunakan teknik Systematic Literature Review (SLR). Teknik Systematic Literature Review dilakukan dengan cara melakukan review terhadap artikel-artikel yang sesuai dengan topik pertanyaan penelitian kemudian membuat kajian yang mendalam terhadap artikel yang sudah di riview tersebut. Hasil dari analsis data yang telah dilakukan bahwa penggunaan komik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang berakibat pada peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Selain itu penanaman nilai karakter yang baik dapat dilakukan melalui penggunaan komik. Hasil lain adalah budaya lokal daerah setempai di sekolah dasar tersebut dapat dijadikan alternatif yang baik dalam melakukan seting untuk cerita komik. Perlu pemilihan topik yang baik agar komik yang digunakan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-23

How to Cite

Puspitasari, W. D., Santoso, E. ., & Rodiyana, R. . (2021). Sistematic Literatur Review: Media Komik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202