Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SD Negeri 006 Melak Kabupaten Kutai Barat

Authors

  • Hadiansyah Universitas Terbuka
  • Syamsuddin Mallala Universitas Terbuka
  • Jaka Warsihna Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11399

Abstract

Dalam memahami pencapaian kemajuan pendidikan dipengaruhi faktor diantaranya bakat dan minat siswa, ruang lingkup sekolah, ruang guru, ruang tenaga pendidikan (tendik), dan ruang pembelajaran, dan sebagainya. Gaya kepemimpinan dan penerapan peran kepemimpinan Kepala Sekolah menjadi hal penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Di SDN 006 Melak diperoleh temuan awal bahwa Kepala Sekolah sudah melaksanakan perannya dengan baik. Pada penelitian ini dilakukan analisis lebih mendalam terkait gaya kepemimpinan, penerapan peran kepemimpinan, dan prestasi belajar siswa di SDN 006 Melak. Jenis penelitian ini adalah field study dengan teknik analisis data menggunakan aplikasi NVivo dengan interpretasi menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan merupakan gaya kepemimpinan demokratis. Kepala Sekolah menjalankan tujuh peran kepemimpinan yakni edukator, manajer, supervisor, administrator, leader, inovator, dan motivator dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa beberapa siswa belum mengalami peningkatan prestasi terutama di bidang numerik. Meskipun demikian, masih lebih banyak siswa yang mengalami peningkatan prestasi. Kesimpulan  penelitian adalah gaya kepemimpinan dan penerapan peran kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik secara efektif meningkatkan prestasi siswa di SDN 006 Melak dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dan masih perlu dilakukan perbaikan untuk mengatasi siswa yang belum mengalami peningkatan prestasi belajar

Keywords:

Efektivitas, Kepemimpinan, Prestasi Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97–114.

Bevan, N., & Sharon, T. (2009). Pengertian Studi Lapangan.

Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47–60.

Diana, E., Sunnah, H., & Khoiriyah, S. W. (2021). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 237–256.

Harjati, E., & Anggoro, S. (2021). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja dan Prestasi Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1).

Hasnawati, S., Muchtar, & Ruslan, M. (2021). Gaya Kepemimpinan dan Peningkatan Kinerja. Pustaka Almaida.

Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo. SAGE Publications Sage UK: London, England.

Khalid, I., Rita, R., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Jambi. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 139–157.

Maisyura, Aisyah, T., & Nur Ilham, R. (2022). Transformational leadership In organizational redesign. Jurnal Ekonomi, 11(3), 478–488.

Putri, A. I., Junriana, Sujono, A., Nova, S. E., & Erheriyanti. (2020). Hubungan Antara Sikap Kepemimpinan dengan Etika Organisasi: Suatu Tinjauan. Jisipol, 2(1), 330–344.

Solikin, A., Fatchurahman, M., & Supardi, S. (2017). Pemimpin yang melayani dalam membangun bangsa yang mandiri: A serving leader in developing independent nation. Anterior Jurnal, 16(2), 90–103.

Suriansyah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal cakrawala pendidikan, 34(2).

Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.

Uhl-Bien, M. (2021). Complexity leadership and followership: Changed leadership in a changed world. Journal of Change Management, 21(2), 144–162.

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah. Umsida Press.

Zhou, Y., Soh, Y. ., Loh, H. S., & Yuen, K. F. (2020). The key challenges and critical success factors of blockchain implementation: Policy implications for Singapore’s maritime industry. Marine policy, 122, 104265.

Downloads

Abstract Views : 84
Downloads Count: 14

Published

2025-03-03

How to Cite

Hadiansyah, H., Mallala, S., & Warsihna, J. (2025). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SD Negeri 006 Melak Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11399

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.