Penerapan Media Nyata Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

  • Sahno SDN Sadasari I Majalengka
Keywords: media nyata, matematika, hasil belajar

Abstract

Menurut pengamatan peneliti pada siswa kelas IV Negeri Sadasari I yang berjumlah 24 orang yang terdiri 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki yang dapat mengerjakan soal Matematika tentang hitung campuran hanya 25% siswa yang hasil belajarnya di atas KKM sebesar 70. Fenomena tersebut merupakan keprihatinan peneliti yang dalam hal ini guru kelas IV di SDN Sadasari Iyang perlu diperbaiki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah penggunaan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika tentang hitung campuran. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan Penelitian, (2) Pelaksanaan penelitian (action), (3) pengumpulan data (observing), (4) refleksi (reflekting). Hasil penelitian menunjukaan hasil belajar siswa meningkat. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika  tentang hitung campuran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sadasari I.

Published
2021-03-10
How to Cite
Sahno, S. (2021). Penerapan Media Nyata Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 195-199. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.845
Section
Articles