Penerapan Media Nyata Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.845Abstract
Menurut pengamatan peneliti pada siswa kelas IV Negeri Sadasari I yang berjumlah 24 orang yang terdiri 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki yang dapat mengerjakan soal Matematika tentang hitung campuran hanya 25% siswa yang hasil belajarnya di atas KKM sebesar 70. Fenomena tersebut merupakan keprihatinan peneliti yang dalam hal ini guru kelas IV di SDN Sadasari Iyang perlu diperbaiki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah penggunaan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika tentang hitung campuran. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan Penelitian, (2) Pelaksanaan penelitian (action), (3) pengumpulan data (observing), (4) refleksi (reflekting). Hasil penelitian menunjukaan hasil belajar siswa meningkat. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika tentang hitung campuran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sadasari I.
Keywords:
media nyata, matematika, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work