Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Perilaku Organissasi di STIE Semarang

Authors

  • Siti Aniqoh Shofwani STIE Semarang
  • Yovita Mumpuni Hartarini STIE Semarang
  • Sarbullah STIE Semarang
  • Pipit Sundari STIE Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1133

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar mata kuliah perialuku organisasi mahasiswa kelas D Prodi Manajemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi menggunakan metode demonstrasi pada mahasiswa kelas D Prodi Manajemen Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi ini dilihat dari persentase ketuntasan tiap siklus. Mahasiswa yang dinyatakan tuntas pada prasiklus berdasarkan hasil tes ada 15 mahasiswa (29,92%), siklus I menjadi 23 mahasiswa (75,38%) dan siklus II, 25 mahasiswa (88,46%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar mata kuliah perilaku organisasi pada mahasiswa kelas D Prodi Manajemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021.

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Perilaku Organisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462-468.
Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179-198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a
Hidayat, Otib Satibi. (2020). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Penerbit : Universitas Terbuka.
Luik, P. (2007). Characteristics of drills related to development of skills. Journal of Computer Assisted Learning, 23, 56–68.
Nar Heryanto, dkk. Statistika Pendidikan. 2018. Penerbit : Universitas Terbuka.
Wardani, I G A K., Wihardit, Kuswaya. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit : Universitas Terbuka.

Downloads

Abstract Views : 375
Downloads Count: 120

Published

2021-06-30

How to Cite

Shofwani, S. A., Hartarini, Y. M., Sarbullah, S., & Sundari, P. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Perilaku Organissasi di STIE Semarang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 574–580. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1133

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)