Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia

Authors

  • Pipit Sundari STIE Semarang
  • Fidyah Yuli Ernawati STIE Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1565

Keywords:

Managemen SDM, Hasil Belajar, Metode PBL

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matakuliah managemen sumber daya manusia dengan metode PBL pada mahasiswa kelas IA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil penilaian pada siklus I nilai tertinggi 89,65, nilai terrendah 50,50, nilai rata-rata 78,16. Jumlah mahasiswa yang tuntas KKM yaitu 21 mahasiswa (68,97%) dan mahasiswa yang belum tuntas KKM 9 mahasiswa (31,03%). Sedangkan hasil penilaian pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 88,18 , nilai terrendah 78,38, nilai rata-rata 83,2. Jumlah mahasiswa yang mencapai nilai KKM yaitu 29 mahasiswa (100%). Dengan demikian metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah managemen sumber daya manusia pada mahasiswa kelas IA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Sundari, P., & Ernawati, F. Y. . (2021). Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1731–1737. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1565