Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia

Authors

  • Pipit Sundari STIE Semarang
  • Fidyah Yuli Ernawati STIE Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1565

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matakuliah managemen sumber daya manusia dengan metode PBL pada mahasiswa kelas IA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil penilaian pada siklus I nilai tertinggi 89,65, nilai terrendah 50,50, nilai rata-rata 78,16. Jumlah mahasiswa yang tuntas KKM yaitu 21 mahasiswa (68,97%) dan mahasiswa yang belum tuntas KKM 9 mahasiswa (31,03%). Sedangkan hasil penilaian pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 88,18 , nilai terrendah 78,38, nilai rata-rata 83,2. Jumlah mahasiswa yang mencapai nilai KKM yaitu 29 mahasiswa (100%). Dengan demikian metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah managemen sumber daya manusia pada mahasiswa kelas IA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021.

Keywords:

Managemen SDM, Hasil Belajar, Metode PBL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 778
Downloads Count: 393

Published

2021-10-26

How to Cite

Sundari, P., & Ernawati, F. Y. . (2021). Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1731–1737. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1565

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.