Alat Peraga Gempa Bumi: Media Pengembangan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10917Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan alat peraga gempa bumi sebagai media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Bence 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, dan terbagi menjadi dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerapkan alat peraga gempa bumi, dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data penelitian pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, dimana nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga gempa bumi berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Dan alat peraga gempa bumi ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Keywords:
peraga, gempa bumi, literasi, sainsDownloads
References
Afifa, I. N., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 04 Madiun Lor. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 132–140. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.173
Ardiani, D. A., & Ahmadi, F. (2019). Keefektifan Multimedia Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar IPA. Joyful Learning Journal, 8(4), 224–229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 90–92. http://kompasiana.com/post/read/650460/3/
Astriani Aulia, Siti Istiningsih, & Nurwahidah, N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 282–288. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1519
Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Christiani, L. C., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan Media Tangga Satuan Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 10(4), 1185–1192.
Educatio, J., Mutiara, T. M., Guru, P. P., Sriwijaya, U., Guru, P. P., & Sriwijaya, U. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Baamboozle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA. 10(4), 1233–1240.
Hartati, F. R., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD : Literatur Review. 10(4), 1306–1314.
Indonesia, K. P. dan K. R. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. In 2020 (pp. 2011–2013).
Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
Jonimar. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 69–84.
Kahiking, E. C. (2022). Project Based Learning pada Literasi Sains Berbasis Budaya Lokal Bahari dengan Penggunaan Alat Wind Detection. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 177–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.428
Kholiyah, A. S., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Media Loose Parts Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 141–149. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1540/893
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081
Kreatif, K. B., S, Y. R., Ekonomi, P., & Unpas, F. (2019). 1 2 3 4. V, 224–240.
Lukma, H. N., Setyawan, D., & Chosinawarotin. (2020). Effectiveness of animation using pictorial riddle approach toward physics concept understanding at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032089
Lukma, H. N., Yusofa, D., Wahid, S. N., & Ramadani, A. R. (2023). Pengembangan Solar Cell Teaching Kit (SOCET) sebagai alat peraga materi konversi energi. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 132–143. https://doi.org/10.30738/wd.v11i2.16533
Nurfadhillah, S., Setyorini, A., Armianti, I. J., Fadilla, L. N., & Adawiyah, R. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Kampung Melayu Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 176–186. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., Jonathan, G. L., & Susanti, W. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(02), 576–581. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/download/1619/864/
Pratiwi, A. S., Nurfitriani, M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., & Barat, P. J. (2024). Pengaruh Model Self Directed Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 2 Gobras Materi Suhu dan Kalor. 2(2), 1569–1581.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Putri, T. E., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan proses sains dan pemahaman peserta didik pada sub materi aplikasi tekanan pada makhluk hidup. Pensa-Ejournal, 6(2), 7883.
Rochma, N. A., & Adah, N. ’. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian , 98–106.
Rosidah, A. S., Alqurni, A., & Prayogo, M. S. (2023). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Fisika tentang Bunti Di Sekolah Dasar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 298–316. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.82
Sari, Y., & Ulia, N. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Komik Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 231–244.
Sianturi, M. E. (2024). Development Magnetic Science Park Props Based On Science Literacy To Improve Understanding Concept Of Magnetic Force In Grade IV Elementary School. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 245–263. https://doi.org/10.21580/phen.2023.13.2.17793
Siregar, M. D., Suastra, I. W., Arnyana, I. B. P., Partha, I. D. P., & Marfuatun. (2022). Penerapan paired storytelling terhadap kemampuan literasi sains IPA Kelas IV. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 348–355.
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Wahyuni, R. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Pada Pelajaran Ipa Terpadu Di Smp Pondok Pesantren Babusalam. Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 79–91. https://doi.org/10.33060/jik/2018/vol7.iss2.87
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hazairin Nikmatul Lukma, Devis Yusofa, Excel Wahyu Pambudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work