Alat Peraga Gempa Bumi: Media Pengembangan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hazairin Nikmatul Lukma Universitas Islam Balitar
  • Devis Yusofa Universitas Islam Balitar
  • Excel Wahyu Pambudi Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan alat peraga gempa bumi sebagai media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Bence 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, dan terbagi menjadi dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerapkan alat peraga gempa bumi, dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data penelitian pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, dimana nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga gempa bumi berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Dan alat peraga gempa bumi ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Keywords:

peraga, gempa bumi, literasi, sains

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifa, I. N., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 04 Madiun Lor. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 132–140. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.173

Ardiani, D. A., & Ahmadi, F. (2019). Keefektifan Multimedia Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar IPA. Joyful Learning Journal, 8(4), 224–229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 90–92. http://kompasiana.com/post/read/650460/3/

Astriani Aulia, Siti Istiningsih, & Nurwahidah, N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 282–288. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1519

Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754

Christiani, L. C., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan Media Tangga Satuan Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 10(4), 1185–1192.

Educatio, J., Mutiara, T. M., Guru, P. P., Sriwijaya, U., Guru, P. P., & Sriwijaya, U. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Baamboozle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA. 10(4), 1233–1240.

Hartati, F. R., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD : Literatur Review. 10(4), 1306–1314.

Indonesia, K. P. dan K. R. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. In 2020 (pp. 2011–2013).

Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594

Jonimar. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 69–84.

Kahiking, E. C. (2022). Project Based Learning pada Literasi Sains Berbasis Budaya Lokal Bahari dengan Penggunaan Alat Wind Detection. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 177–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.428

Kholiyah, A. S., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Media Loose Parts Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 141–149. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1540/893

Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081

Kreatif, K. B., S, Y. R., Ekonomi, P., & Unpas, F. (2019). 1 2 3 4. V, 224–240.

Lukma, H. N., Setyawan, D., & Chosinawarotin. (2020). Effectiveness of animation using pictorial riddle approach toward physics concept understanding at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032089

Lukma, H. N., Yusofa, D., Wahid, S. N., & Ramadani, A. R. (2023). Pengembangan Solar Cell Teaching Kit (SOCET) sebagai alat peraga materi konversi energi. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 132–143. https://doi.org/10.30738/wd.v11i2.16533

Nurfadhillah, S., Setyorini, A., Armianti, I. J., Fadilla, L. N., & Adawiyah, R. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Kampung Melayu Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 176–186. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., Jonathan, G. L., & Susanti, W. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(02), 576–581. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/download/1619/864/

Pratiwi, A. S., Nurfitriani, M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., & Barat, P. J. (2024). Pengaruh Model Self Directed Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 2 Gobras Materi Suhu dan Kalor. 2(2), 1569–1581.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184

Putri, T. E., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan proses sains dan pemahaman peserta didik pada sub materi aplikasi tekanan pada makhluk hidup. Pensa-Ejournal, 6(2), 7883.

Rochma, N. A., & Adah, N. ’. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian , 98–106.

Rosidah, A. S., Alqurni, A., & Prayogo, M. S. (2023). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Fisika tentang Bunti Di Sekolah Dasar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 298–316. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.82

Sari, Y., & Ulia, N. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Komik Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 231–244.

Sianturi, M. E. (2024). Development Magnetic Science Park Props Based On Science Literacy To Improve Understanding Concept Of Magnetic Force In Grade IV Elementary School. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 245–263. https://doi.org/10.21580/phen.2023.13.2.17793

Siregar, M. D., Suastra, I. W., Arnyana, I. B. P., Partha, I. D. P., & Marfuatun. (2022). Penerapan paired storytelling terhadap kemampuan literasi sains IPA Kelas IV. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 348–355.

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Wahyuni, R. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Pada Pelajaran Ipa Terpadu Di Smp Pondok Pesantren Babusalam. Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 79–91. https://doi.org/10.33060/jik/2018/vol7.iss2.87

Downloads

Abstract Views : 124
Downloads Count: 74

Published

2024-12-28

How to Cite

Lukma, H. N., Yusofa, D., & Pambudi, E. W. (2024). Alat Peraga Gempa Bumi: Media Pengembangan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10917

Issue

Section

Articles