Meningkatkan Hasil Belajar Mengoperasikan Peralatan Pengolahan Hasil Pertanian Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1089Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan dengan metode cooperative learning tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 29 siswa Siswa dibagi dalam beberapa kelompok belajar yang heterogen yang beranggotakan 5-6 orang dengan menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Penelitian ini berlangsung dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian. Data primer diungkap dengan data nilai dan kriteria penilaian untuk mencatat hasil belajar siswa dalam proses tindakan dan mencatat tata laksana pengelolaan penelitian ini. Data primer diperoleh dengan menilai hasil diskusi, presentasi, praktik dan ters tertulis yang berupa kuis dan tes formatif. Data dianalisis dengan menggunakan acuan penilaian kelas untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian setelah menjalani proses tindakan berupa cooperative learning tipe jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar siswa.
Keywords:
hasil belajar, cooperative learning tipe jigsawDownloads
References
Hartini, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 1-14.
Kemmis, Stephen & Robin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Luvitasari, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknologi Pengolahan Makanan Di Smk Negeri 1 Berastagi (Doctoral dissertation, UNIMED).
Purbokawotjo, R. Suganda, A. Gazali, dan D.H. Dequitjo (1990). Pengantar Paedagogik. Jakarta. Penerbit Ganeca.
Rohani H.M., Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Suparman, M. Atwi, (2001). Desain Instruksional. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tritjahjo Danny Soesilo, (2015). Teori dan Pendekatan Belajar : Implemantasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Penerbit Ombak.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work