Metode Belajar B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6875Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) pada pembelajaran SKI serta mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) pada pembelajaran SKI dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi-Eksperimental Design dengan jenis rancangan post-test only, non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’had Al-Zaytun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan metode B3 (Bermain Bernyanyi Bercerita) mendapatkan rata-rata sebesar 81,4 sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan metode B3 (Bermain Bernyanyi Bercerita) mendapatkan rata-rata sebesar 61,5 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI.
Keywords:
Bermain Bercerita Bernyanyi, Hasil Belajar SKIDownloads
References
Altsar, I. N., & Husna, A. I. N. (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32-38.
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721-2730.
Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).
Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajarann Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. (2009). Guru Sebagai Motvator Perubahan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Sadiana, M., & Yulidesni. (2016). Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini . Jurnal Triadik , 9-16.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif; Kualitatif dan R & D . Bandung: ALFABETA.
Yulia, D., & Suhardini, A. D. (2021). Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita, & Bermain) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ X. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 45-53.
Yule, George. (2006). Pragmatik, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfa Nazifah Ramadhanti, Kartini, Dede Indra Setiabudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work