Metode Belajar B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Zulfa Nazifah Ramadhanti IAI AL-AZIS Indramayu
  • Kartini IAI Al-Azis Indramayu
  • Dede Indra Setiabudi IAI Al-Azis Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6875

Keywords:

Bermain Bercerita Bernyanyi, Hasil Belajar SKI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) pada pembelajaran SKI serta mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) pada pembelajaran SKI dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi-Eksperimental Design dengan jenis rancangan post-test only, non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’had Al-Zaytun.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan metode B3 (Bermain Bernyanyi Bercerita) mendapatkan rata-rata sebesar 81,4 sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan metode B3 (Bermain Bernyanyi Bercerita) mendapatkan rata-rata sebesar 61,5 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altsar, I. N., & Husna, A. I. N. (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32-38.

Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721-2730.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajarann Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2009). Guru Sebagai Motvator Perubahan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Sadiana, M., & Yulidesni. (2016). Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini . Jurnal Triadik , 9-16.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif; Kualitatif dan R & D . Bandung: ALFABETA.

Yulia, D., & Suhardini, A. D. (2021). Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita, & Bermain) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ X. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 45-53.

Yule, George. (2006). Pragmatik, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Ramadhanti, Z. N., Kartini, K., & Setiabudi, D. I. (2024). Metode Belajar B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 381–386. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6875

Issue

Section

Articles