Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah

Authors

  • Rahma Audina Amalia Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10755

Abstract

Menulis permulaan merupakan salah satu jenis kemampuan yang paling dasar dalam menyampaikan pola bahasa dengan bentuk rangkai kata atau tulisan. Dengan menulis, peserta didik mampu untuk menuangkan ide atau pikirannya. Namun, tidak semua peserta didik memiliki keterampilan menulis yang sepadan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam menulis khususnya di kelas rendah. Penelitian ini memanfaatkan desain penelitian yang bersifat kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Data pada penelitian ini bersumber dari berita, artikel, dan jurnal publikasi yang pengumpulannya dilakukan dengan memanfaatkan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi atas literatur dan artikel yang dijadikan sebagai sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukan jika peserta didik dengan kelas rendah mengalami kesulitan menulis. Banyak dari peserta didik belum bisa membedakan antara huruf kapital dengan huruf kecil, lambat dalam menulis, ukuran dan bentuk huruf tidak rata, memegang alat tulis belum sempurna. Permasalahan tersebut disebabkan oleh faktor internal dan kesternal. Faktor internal yang meliputi rendahnya kemampuan motorik, kurangnya daya ingat peserta didik, minat serta motivasi peserta didik yang rendah. Sedangkam faktor eksternal antara lain orang tua yang mengabaikan kemampuan peserta didik, lingkungan sekitar, pengaruh teknologi dan media sosial.

Keywords:

Menulis permulaan, Kesulitan Menulis, Peserta Didik Kelas Rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameilia, L. E. A., Hidayat, M. T., Kasiyun, S., & Ghufron, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Peserta Didik Di Kelas Rendah Sdit Alfurqan Kalitengah Lamongan. Js (Jurnal Sekolah), 7(1), 31. https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36796

Fajri, A. N., & Wardana, D. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2 Sdn Kayu Putih 03. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2548–6950.

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519

Igo, L., Nurlaila, M., & Suardin. (2023). PENUH ASA JURNAL MAHASISWA Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 248–256. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/penuhasahttps://doi.org/10.35326/penuhasa.v8i4.3838

Iryani, W. S., Sumantri, S., & Zakiah, L. (2024). Survei Faktor Kesulitan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 658–669.

Jaa, M. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II DI SDI RUTOSORO. Menulis Permulaan Siswa Kelas II Di SDI Rutosoro, 4, 1524–1534. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.2904

Khoirun Alfizein Khasanah, R. S. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Permulaan pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas II SD Negeri Samir Tulungagung. 3(2), 147–157. http://repository.upi.edu/88310/1/S_PGSD_1902010_Title.pdf

Kusna, K. R., Septianingrum, K., & Chaeroh, M. (2024). Mengungkap Faktor-Faktor Penghambat Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Birul Walidain Widodaren. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 789–794. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.855

Mashlahati, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajara Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3168–3178.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297

Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 265–276. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.246

Tugu, S. D. N., Cihideung, K., Suryana, N., Rakhmat, C., & Chandra, D. (2024). Analisis kesulitan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 3 Tugu Kecamatan Cihideung. 07(05), 931–940.

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249

Zed, M. (2008). Metode Penelitiaan kepustakaan. In Metode Penelitian Kepustakaan.

Downloads

Abstract Views : 985
Downloads Count: 249

Published

2024-12-26

How to Cite

Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10755

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.