Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Puji Astutik SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan menggali informasi penting dengan teknik 5W+1H berbantuan video pada siswa kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui rata-rata nilai kemampuan peserta didik dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah adalah 59,38 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 82,50. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan teknik 5W+1H berbantuan video dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021

Keywords:

teknik 5W 1H, video, Kemampuan, informasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1228
Downloads Count: 870

Published

2021-10-08

How to Cite

Astutik, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1647–1652. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.