Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan menggali informasi penting dengan teknik 5W+1H berbantuan video pada siswa kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui rata-rata nilai kemampuan peserta didik dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah adalah 59,38 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 82,50. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan teknik 5W+1H berbantuan video dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VI SDN Pancur 1 Temayang Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
teknik 5W 1H, video, Kemampuan, informasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work