Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10753Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tes kemampuan literasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar serta menggambarkan kemampuan numerasi mereka dalam menyelesaikan soal cerita Matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 19 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Data dikumpulkan melalui tes tulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik berada pada tingkat sedang. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain kurangnya pendidik yang mengikuti pelatihan literasi numerasi, jarangnya pembelajaran matematika yang mengintegrasikan proyek dan masalah, serta penggunaan perpustakaan yang tidak optimal, sehingga pendidik lebih sering mengakses situs web literasi numerasi secara online. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas XI masih perlu ditingkatkan, dengan kendala utama berkaitan dengan kualitas pembelajaran dan sumber daya sekolah.
Keywords:
Literasi numerasi, soal cerita, matematikaDownloads
References
Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan, 6, 472–481.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Larasaty, B. M., Mustiani, M., & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta melalui pendekatan pmri berbasis PISA pada materi pokok SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Konawe dalam perspektif gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–65.
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
Muzaki, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.
Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018), 162–166.
OECD. (2019). Results (Volume I): What students know and can do. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD): Paris, France.
Panjaitan, S., Sitepu, C., & Marbun, M. R. (2023). Efektivitas model pembelajaran project based learning dan inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas IX UPT SMP Negeri 12 Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 398–406.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.
PISA. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analysis of Numerical Literacy Ability by Self Efficacy of Junior High School Students, EDUMATICA. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nita Dewi Rahmawati, Rahmad Bustanul Anwar, Dwi Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work