Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis

Authors

  • Nita Dewi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rahmad Bustanul Anwar Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dwi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10753

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tes kemampuan literasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar serta menggambarkan kemampuan numerasi mereka dalam menyelesaikan soal cerita Matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 19 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Data dikumpulkan melalui tes tulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik berada pada tingkat sedang. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain kurangnya pendidik yang mengikuti pelatihan literasi numerasi, jarangnya pembelajaran matematika yang mengintegrasikan proyek dan masalah, serta penggunaan perpustakaan yang tidak optimal, sehingga pendidik lebih sering mengakses situs web literasi numerasi secara online. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas XI masih perlu ditingkatkan, dengan kendala utama berkaitan dengan kualitas pembelajaran dan sumber daya sekolah.

Keywords:

Literasi numerasi, soal cerita, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan, 6, 472–481.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Larasaty, B. M., Mustiani, M., & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta melalui pendekatan pmri berbasis PISA pada materi pokok SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Konawe dalam perspektif gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–65.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).

Muzaki, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018), 162–166.

OECD. (2019). Results (Volume I): What students know and can do. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD): Paris, France.

Panjaitan, S., Sitepu, C., & Marbun, M. R. (2023). Efektivitas model pembelajaran project based learning dan inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas IX UPT SMP Negeri 12 Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 398–406.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

PISA. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analysis of Numerical Literacy Ability by Self Efficacy of Junior High School Students, EDUMATICA. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).

Downloads

Abstract Views : 359
Downloads Count: 165

Published

2024-12-15

How to Cite

Rahmawati, N. D., Anwar, R. B., & Rahmawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10753

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.