Peningkatan Kemampuan Berbahasa (Berbicara) Anak Usia 3 – 4 Tahun Dengan Media Kartu Gambar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1070Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa ( Bicara ) pada anak KB Al Furqon Makamhaji Kartasura Tahun Ajaran 2020/2021 dengan penerapan pengunaan gambar pada pembelajaran (kegiatan inti). Subjek penelitian yang diberi tindakan adalah anak-anak KB Al Furqon Makamhaji Kartasura yang berjumlah 20 anak, subjek pelaku tindakan adalah peneliti (guru). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan bahasa ( bicara )pada anak yang dilihat dari peningkatan rata-rata kelas mulai dari prasiklus sampai siklus II, yang mencakup: Prasiklus 31, 96%, siklus I 62, 13%, dan siklus II 82, 67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pengunaan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa (bicara) anak Kelompok Bermain Al Furqon Makamhaji Kartasura Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
kemampuan, berbicara, media kartu gambarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work