Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Terhadap Whatsapp Grup Sebagai Media Pembelajaran di STKIP Muhammadiyah Manokwari

  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Juni Syaputra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Kartini STKIP Muhammadiyah Manokwari
Keywords: persepsi, mahasiswa, whatsapp grup, efektif

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa bahasa Indonesia terhadap whatsapp grup sebagai media pembelajaran dan mengetahui peran whatsApp grup sebagai media pembelajaran efektif. Dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif denga tujuan untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya atau alami dari kejadian atau fenomena yang sedang terjadi. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi survei dengan menggunakan angket. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran melalui whatsapp grup, dengan hasil persepsi dengan 75,7% dengan bunyi pertanyaan Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi melalui whatsapp grup, mahsiswa menyetujui pernyatan tersebut sehingga persepsi mereka baik dan setuju keltika perkuliahan dilakukan melalui daring. Semementara persepsi yang paling rendah terdapat pada pertanyan ‘tingkat pemahaman anda secara umum terhadap mata kuliah yang disajikan melalui whatsap gerup” dengan persentase 45,9% setuju. Jadi pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan melalui whatsapp grus berkategori sedang. Jadi proses pembelajaran melalui wahatsapp grup dapat dilakukan untuk mengefektifkan jumlah pertemuan selama perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erin dan Anggita Maharani. 2018. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Perkuliahan Online” Jurnal Pendidikan Matematika,7 (3) : 337-344. 2018.
Yusmita, dkk. 2018. “Pemanfaatan Whatsapp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi.ujs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/dwonload/5152/3844.
Paudy Akbar, 2015. “Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Volume 10 No 1 Februari 2015.
Novayanti dkk. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat pada KPH Gedong Wani” Jurnal Hutan dan Masyarakat. Vol. 9 (2): 61-74, Desember 2017.
Nugraha, Ugi. 2013. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi” Jurnal Cerdas Sifa, Edisi 1 No.1. Maret–Juni 2015.
Sukrillah, dkk. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi” Jurnal Komunikation Volume 3 Nomor 2, Oktober 2017.
Primasari, Rosita, dkk. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan” EDUSAINS. Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 8 – 72.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Published
2021-06-14
How to Cite
Suriani, I., Syaputra, J., & Kartini, K. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Terhadap Whatsapp Grup Sebagai Media Pembelajaran di STKIP Muhammadiyah Manokwari. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 491-497. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1085
Section
Articles