Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Sunda
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam bahasa sunda. Penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Sunda. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Kuningan dengan subyek penelitian siswa kelas 8A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8A di MTs Negeri 4 Kuningan.
Keywords:
keterampilan berbicara, kooperatif tipe jigsawDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work